Wow! Negara Finlandia Terima Kado Sebuah Gunung Sungguhan

269


Demosmagz.com – Jika sobat berulang tahun, Hadiah apa yang biasanya di kasih oleh orang terdekat sobat? Boneka, Sepatu atau pakaian favorit? Mungkin benda-benda di atas sudah lumrah menjadi kado ulang tahun. Tapi jika yang ulang tahun adalah sebuah negara, kira-kira kado apa yang cocok untuk dihadiahi?

Finlandia akan merayakan deklarasi kemerdekaanya yang ke-100 pada tanggal 6 Desember 2017. Negara tetangga Finlandia, Norwegia berencana memberi kado special untuk negeri sahabatnya itu. Ya sebuah gunung diperbatasan Norwegia-Finlandia itu diopsikan menjadi kado spesial Finlandia diulang tahunnya yang seabad ini.

Saat ini pemerintah Norwegia sedang memikirkan bagaimana memindahkan setidaknya puncak gunung Halti ke Finlandia.

“Ada beberapa kesulitan formal dan saya belum membuat keputusan final, namun kami terus berusaha,” ujar PM Norwegia Erna Solberg seperti disadur dari national geographic.

Meski begitu pro dan kontra tetap terjadi, tidak sedikit masyarakat yang tidak setuju Norwegia memberi Cuma-Cuma puncak gunung Halti untuk Finlandia. Akan tetapi yang pro terhadap rencana ini juga banyak dan menganggap bahwa pemberian hadiah berupa gunung itu sebuah terobosan ketika banyak Negara memperebutkan wilayah.

Jika sampai Gunung atau puncak Gunung Halti dipindah, maka itu berarti perbatasan antara Norwegia dan Finlandia bergeser 150 meter kesebelah utara dan 200 meter ke timur. Dengan begitu Findlandia memiliki puncak tertinggi baru. Sementara si pemberi kado norwegia bakal kehilangan 0,00015 Kilometer persegi.

Gunung Halti sendiri memiliki ketinggian 1365 meter diatas permukaan laut. Dari sisi geografis gunung ini memiliki dua puncak. Satu di Norwegia  satunya lagi sudah berada di Finlandia. (Wildan)

Baca Juga :

Little Venice, Wisata Kota Bunga Ala Eropa

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY