Wow! Inilah Bangunan Pertama Yang Berdiri di Cirebon

1339

Cirebon, Demosmagz.com Jika bertolak pada historis, tentu kita akan familiar dengan kerajaan seperti Sriwijaya, Majapahit dan Padjadjaran. Ketiganya dari bentuk fisik yang utuh telah punah,  tinggal tersisa cerita dalam buku-buku sejarah. Menapaki jejak sejarah Kerajaan di Nusantara, maka Cirebon bisa menjadi pilihan destinasi utama. Kerajaan Cirebon tidak bisa dipandang sebelah mata, satu – satunya Keraton pada abad 14 yang masih bertengger permanen dengan bangunan kunonya masih bisa terlihat dengan kedua kelopak mata. Salah satu bukti peninggalan tersebut yaitu Bangsal Witana, yang tidak lain merupakan cikal bakal dari lahirnya Cirebon. Witana, Sebuah destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan begitu saja.

Jika para wisatawan ingin melancong ke Cirebon, rugi kiranya ketika tidak mengunjungi bangunan – bangunan peninggalan nenek moyang nusantara. Bangunan Kuno seperti Witana, bukan hanya sekedar tembok, disitu menyimpan historis sekaligus kearifan lokal yang luar biasa mendalam maknanya. Terdapat cerita panjang lahirnya daerah bernama Cirebon yang diabadaikan hingga kini melalui bangunan Kuno Witana tersebut.

Sobat Demagz, perlu diketahui bahwa Witana dibangun sebelum Keraton – Keraton ada di Cirebon. Berdasarkan riwayat, Witana di dirikan oleh Ki Gedeng Alang alang pada saat Cirebon masih bersifat padukuhan – padukuhan. Setelah kemudian Kasultanan dengan membangun Keraton oleh Pangeran Cakrabuana, jabatan Kuwu Cirebon diberikan kepada Kigedeng Alangalang sebagai penghargaan atas jasanya tersebut.

Cirebon sebagai sebuah bangsa tentu memilki berbagai tradisi, seni dan bahasa tersendiri yang unik, hal ini bisa dilihat dari nama bangunan Kuno Witana itu sendiri. Dilihat dari bahasa Cirebon Witana terdiri atas dua suku kata yaitu WIT(awit) yang memiliki arti awaldan ANA yang berarti ada. Jadi jika kedua kata tersebut digabung akan dapat pengertian awal mula atau asal mula. Secara historis gedung Kuno ini menunjukan arti sekaligus bukti sejarah asal mula berdirinya Cirebon.

Hingga detik ini, dalam setiap perayaan momentum hari jadi Cirebon, khususnya Kota Cirebon yang selalu diwarnai dengan tradisi pembacaan Babad Cirebon yang merupakan naskah kuno yang berisi sejarah berdirinya Cirebon, Witana menjadi tempat yang tidak bisa ditawar lagi untuk membacakan naskah tersebut. Membaca naskah bersisi sejarah lahirnya Cirebon ditempat yang menjadi cikal bakal dan bukti kongkrit berdirinya Cirebon menambah suasana magis dan religius tersendiri bagi masyarakat Cirebon.

Para wisatwan yang berkunjung ke Cirebon menjadi rekomendasi wajib kiranya untuk menyambangi Witana, sebuah destinasi yang tak boleh luput dari para wisatawan. Ketika mengunjungi Witana, Anda akan dibawa berimajinasi pada era kerajaan. Seolah – olah Anda akan memasuki ruang dimensi yang membawa Anda untuk menyusuri cerita, kehidupan, kebudayaan, kesenian dan kearifan pada suata zaman abad ke-14. Sebuah pengalaman wisata yang bakal terngingang permanen dalam ingatan. Tulisan dihimpun dari berbagai sumber (Epri)

Baca Juga : Peran Sang Plokamator Dalam Sejarah Masjid Sunan Gunung Jati

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY