WHO Putuskan Kopi Tidak Menyebabkan Kanker

160


Demosmagz.com World Health Organization (WHO) mengungkapkan hasil dari penelitian yang mereka lakukan, bahwa kopi tidak terbukti dapat memicu kanker. Pada beberapa penelitian, kopi memang termasuk dalam minuman yang dianggap memicu kanker. Namun, bukti-bukti terbaru menyanggah hasil penelitian terdahulu.

Badan Penelitian Kanker Internasional WHO (IARC) pun telah menarik keputusan pada 1991 yang menyatakan meminum kopi berkaitan dengan kanker kandung kemih.

Perubahan keputusan ini, berdasarkan hasil evaluasi terbaru pada lebih dari 500 studi tentang hubungan antara kanker dan berbagai jenis minuman panas seperti teh, kopi, dan minuman herbal.

Tim IARC menemukan bahwa dengan meminum kopi tidak memiliki efek karsinogenik terhadap kanker pankreas, payudara, dan prostat.

Walau begitu, International Agency for Research on Cancer  dalam laporan juga mengungkapkan bahwa ada keterkaitan antara kanker tenggorokan atau esofagus dengan minuman yang sangat panas.

Seperti yang dilansir foxnews.com, Dana Loomis dari bidang program IARC mengatakan, ada kaitan tidak biasa antara kanker esofagus di negara-negara yang penduduknya biasa mengonsumsi minuman sangat panas, seperti Eropa atau Amerika Selatan.

Oleh karena itu, para ilmuwan menganjurkan para peminum teh atau kopi sebaiknya membiarkan minuman panas itu dingin lebih dahulu, terutama jika tidak menambahkan susu pada minumannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY