Wawancara Eksklusif “ Rencana Kerja Nyata Peningkatan Kondisi Jalan Kota Cirebon”.

477


Cirebon, demosmagz.com – Kondisi jalan menjadi salah satu fasilitas umum yang penting bagi warga kota Cirebon. Beberapa kondisi ruas jalan di kota Cirebon mengalami kerusakan, hal ini menjadi sorotan demosmagz untuk menelusuri ke dinas pekerjaan umum perumahan Energi dan SDM kota cirebon. Demosmagz berkesempatan mewawancarai   Ir.Budi Rahardjo MBA selaku kepala dinas dan Ir. Yudi Wahono selaku Sekretaris dinas  pekerjaan umum perumahan Energi dan SDM kantor PU(8/9).

Demosmagz (D) :  Jalan mana saja yang menjadi kewenangan dinas pekerjaan umum perumahan Energi dan SDM kota Cirebon?

Ir. Yudi Wahono (y) : Jalan dibagi 3, jalan nasional, jalan provinsi , dan jalan kota, Sk baru jalan nasional yaitu dari diponogro samadikun,bay pass sampai pegambiran, dan jalan sudirman sampai kuningan itu menjadi jalan nasional, dan jalan kali tanjung yang menghubungkan dengan kabupaten itu menjadi jalan provinsi, dan sisanya adalah jalan kota pemetaannya seperti itu

D : Standar kelayakan jalan kota itu seperti apa pak?

Y : Tentunya memang  kita pengen jalan ada tiga kategori yaitu baik, tidak baik dan rusak, tentunya kita memang pengen semua baik, tapi karena beberapa hal seperti pemakaian, beban kendaraan berlebih atau faktor cuaca karena hujan itu mempercepat kerusakan jalan.

D : Kerja nyata dinas kedepan,terutama adanya keluhan di jalan-jalan utama seperti Cipto itu kira kira kapan pak?

Y : Terus terang saja anggaran jalan itu cukup besar,dangan dana sendiri amat terbatas karena harus dibagi dengan operasional daerah, yang lain tapi alhamdulilah kita juga dapet bantuan dari pusat DAK,insyaallah tahun ini jadi kelar dan kita prioritaskan tahun ini bisa selesai, untuk Cipto sendiri kita punya dua kasi, kasi peningkatan dan kasi pemeliharaan.

D: Target kepala dinas sendiri untuk meningkatkan standar kelayakan jalan ini kapan pak?

Ir.Budi Rahardjo, MBA (B)   :  Secepatnya.

D : Minimal kalo liat dari program target itu kapan pa?

Y :  Insyaallah tahun ini sudah selesai.

D : Mengenai pembangunan pelebaran jalan di lampu merah pemuda itu bagaimana pak?

Y :  Jadi gini, permasalahan awal karena sering ada kemacetan, karena geometri jalan radius terlalu lebar, geometri jelek akan kita rubah akan kita perkecil radiusnya untuk memperlebar dukungan sehingga itu juga sebagai satu cara untuk mengurai kemacetan,itu belok kiri dilebarin sehingga pengguna jalan bisa langsung belok ke kiri.

D : Untuk kondisi jalan yang menuju Argasunya yang rusak parah rencana kerja nyata seperti apa ?

Y : Jalan Argasunya karena kondisi tanah labil dan beban yang besar sehingga cepat rusak seperti di Katiyasi, kedepannya kita akan beton dalam kurun waktu satu tahun ini, Makannya saya juga menghimbau memohon maaf apabila pengguna jalan terganggu karena pembangunan dan peningkatan fasiltas jalan-jalan kota.

D: Terimakasih atas waktunya semoga informasi mengenai rencana program kerja nyata peningkatan jalan kota ini bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Demikian wawancara eklusif mengenai fasilitas jalan yang dalam kurun  waktu satu tahun  kedepan akan di prioritaskan peningkatan kelayakan oleh dinas pekerjaan umum perumahan Energi dan SDM kota Cirebon.(rangga)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY