Walikota Cirebon Resmikan Tim Pemberantasan Pungli

413


Cirebon, Demosmagz.com – Walikota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, SH mengukuhkan 65 orang tim unit pemberantasan pungli di Ruang Adipura Balaikota Cirebon pada Jumat, 13 Januari 2017. Kepengurusan tersebut berasal dari Instansi Pemerintah, Kedinasan terkait, Kepolisian, Satpol PP, Kejari dan Akademisi. Hal demikian sesuai dengan Keputusan Walikota Cirebon Nomor : 700/Kep.67-IRDA/2017, tanggal : 12 Januari 2017.

Didasari dari maraknya aksi pungutan liar atau dikenal pungli di kalangan masyarakat Cirebon, pemerintah kota Cirebon mengambil langkah tegas sebagai bentuk pencegahan. Salah satunya dikukuhkannya tim saber Pungli.

“Dikukuhkannya Tim Saber Pungli atau Unit Pemberantasan Pungli Pemerintah Daerah Kota Cirebon bertujuan untuk mengatasi masalah pungli yang kini menjadi sorotan masyarakat.” Ujar walikota Cirebon dalam sambutannya dikutip dari laman resmi pemerintah kota Cirebon.

Lanjutnya, saber pungli merupakan dinilai upaya pencegahan yang efektif dalam mengendalikan pungutan liar.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah, BUMD, Camat dan Lurah se-Kota Cirebon.

Pungli merupakan pungutan di luar ketentuan yang telah di tetapkan atau diartikan sebagai kegiatan memungut biaya atau meminta uang secara paksa. Hal tersebut di sinyalir merupakan sebuah kejahatan atau perbuatan pidana. Bahkan kondisi demikian sudah memprihatinkan karena sudah merambah ke berbagai kalangan mulai dari tantanan pemerintah pusat, pemerintah provinsi sampai dengan pemerintah kabupaten / kota serta masuk ke berbagai institusi dan kalangan birokrasi.

Adapun solusi dari pemerintah saat ini terkait pungli adalah akan melaksanakan sosialisasi melalui media, bagaimana alur masyarakat dalam mengerjakan sesuatu serta masyarakat akan diberitahukan besaran biaya dalam pengurusan apapun.

“Karena pungli juga timbul dari masyarakat yang tidak mau menunggu dan mengurus segala sesuatunya, bukan hanya pegawainya yang disadarkan akan tetapi masyarakat pun perlu disadarkan juga” tambahnya Aziz.

Berikut tugas yang diemban Unit Pemberantasan Pungli adalah sebagai berikut :

  1. Membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli
  2. Melakukan pengumpulan data dan informasi dari pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi
  3. Mengkoordinasikan, Merencanakan, dan Melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar
  4. Melakukan operasi tangkap tangan (OTT)
  5. Memberikan rekomendasi kepada pimpinan untuk memberikan sanksi kepada pelaku pengutan liar sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan F.Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pemberantasan pungutan liar pada pemerintah Kota Cirebon.(Ade)

Baca Juga : Humas Polres Kota Cirebon: Jika Ada Pungli, Laporkan!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY