Unik ! Makanan Khas Cirebon Ini Terbuat Dari Tanah Liat

1283
Ampo makanan dari tanah liat

Cirebon, demosmagz.com – Tidak bisa dipungkiri Cirebon memang layak disebut surga kuliner, salah satu yang menjadi daya pikat sang kota udang ini terletak di sajian makananya yang beragam dan penuh cita rasa. Kuliner pulalah yang membuat wisatawan lokal berniat untuk mengunjungi Cirebon

Sobat demagz mungkin pernah mendengar empal gentong, nasi jamblang atau tahu gejrot, ya makanan-makanan itu memang sudah sangat melekat dengan Cirebon. Tapi, apakah sobat demagz mengenal ampo?

Ampo adalah salah satu makanan yang menjadi ciri khas dari daerah barat Cirebon. Ampo sebetulnya adalah makanan ringan layaknya wafer atau biskuit. Nah yang membedakan ampo dengan makanan ringan lainya adalah bahan dasar yang dipakai. jika kebanyakan makan ringan terbuat dari bahan-bahan lumrah seperti tepung terigu atau tapioka, ampo sendiri terbuat dari tanah liat!

Memang akan terdengar aneh ditelinga, mana mungkin ada makanan yang terbuat dari tanah liat? tapi ya memang begitu adanya, ampo dibuat dari tanah liat yang memang bebas dari pasir, kerikil ataupun kotoran lainya. nantinya tanah liat itu di jemur hingga kering untuk kemudian di tumbuk menjadi tepung. setelah disaring dan diberi air lalu dikeringkan lagi, ampo pun dibentuk panjang lonjong yang menyerupai wafer, baru kemudian ampo di bakar hingga kering. Biasanya waktu pembakaran bisa sampai setengah hari.

Ampo juga dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit seperti masalah pencernaan, saat ini memang sulit sekali mencari pembuat dan penjual ampo di Cirebon. perkembangan zaman membuat eksistensi ampo mulai tergeser dan tergantikan oleh makanan-makanan ringan lain yang lebih kekinian. Ampo sebetulnya juga bisa kita temui di beberapa wailayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti di Brebes maupun Tuban.(Wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY