Unik! Di Perpus Cirebon Tidak Perlu Membayar Denda, Cukup Dengan Hafalan Ayat Al Qur’an

416
Ilustrasi membaca Al Quran

Cirebon, demosmagz.com – Pernahkah sobat demagz meminjam buku di perpustakaan lalu telat mengembalikanya? Lalu apa sanksi yang diberi oleh perpustakaan jika sobat telat mengembalikan buku. Ya! Kebanyakan perpustakaan membebani anggotanya yang terlambat mengembalikan buku dengan membayar denda. Biasanya denda disesuaikan dengan berapa lama keterlambatan buku di pulangkan ke perpustakaan.

Tapi, hal itu tidak berlaku di perpustakaan kabupaten Cirebon, Pasalnya perpustakaan yang letaknya di jalan Sunan Drajat kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon ini justru sama sekali tidak membebani masyarakat yang telat mengembalikan buku dengan uang. Melainkan dengan menjelaskan isi buku yang ia pinjam kepada petugas pengembalian buku atau menyetor hafalan ayat-ayat kitab suci Al-Qur’an.

“Kalaupun ada yang telat membalikan, kita tidak mendenda dengan uang, tetapi diganti dengan menjelaskan buku yang dibaca atau hapalan ayat-ayat pendek, jadi misal harusnya seminggu nih, tapi dia kembaliinya lebih dari seminggu nah kami tidak berikan denda uang, dendanya itu silahkan jelaskan buku yang dibaca atau hafalan ayat-ayat qur’an nanti ada petugas pengembalian khusus yang akan mengetes, dan itu tidak di tuntut  berapapun lamanya keterlambatan pengembalian buku” kata Harcan Kasi Sirkulasi dan Pengembagan Perpustakaan Ciebon.

Menurutnya hal itu lebih efektif untuk mendidik masyarakat ketimbang dengan membebani denda keterlambatan pada pengelola perpustakaan.

”Kenapa saya lakukan itu karena menurut kami itu lebih mendidik dari pada harus mengeluarkan uang seribu dua ribu, kasian juga kan anak-anak SD kalau keluar segitu lumayan sulit coba terapkan itu dan ternyata antusias” tukasnya. (Wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY