Tips Menghemat Listrik di Dalam Rumah Tangga

195

Demosmagz.com – Saat ini kebutuhan rumah tangga akan listrik semakin besar, karena semakin banyak barang-barang elektronik dengan pelbagai macam fungsi dan jenisnya. Ketergantungan masyarakat akan kebutuhan listrik yang semakin tinggi mengingat banyak pembangkit listrik masih memakai sumber daya yang tak dapat diperbaharui semisal batu bara dan lain-lain.

Tidak menutup kemungkinan jika masyarakat terus ketergantungan terhadap sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui maka sumber energi akan habis, di samping saat ini pun telah ada beberapa penelitian mengenai sumber daya terbarukan kita sebagai masyarakat pun harus menghemat pemakaian listrik tersebut agar sumber daya yang terpakai sedikit serta murah dalam pembayaran listrik tersebut.

Menilik dari hal diatas demosmagz.com ingin coba memberi tips-tips agar listrik rumah tangga bisa hemat, diantaranya:

  1. Cabut Kabel Yang Tercolok Ketika Sudah Selesai Digunakan

Sobat harus membiasakan kebiasaan mencabut kabel setelah digunakan maupun itu gadget, tv, setrika dan lain-lain dan pastikan terminal listrik off. Karena jika ini dibiarkan terus menerus listrik akan mengalir tiada hentinya.

  1. Gunakan Sistem Listrik Dengan Token (Pulsa)

Penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini membantu Anda dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan listrik. Ketika pulsa listrik Anda telah habis, maka secara otomatis semua aliran listrik yang ada di rumah Anda akan terputus dan mati sehingga untuk mengaktifkannya kembali Anda harus membeli pulsa listrik lagi. Sistemnya sama seperti pulsa handphone prabayar sehingga Anda bisa menghitung kebutuhan dan meninjau kembali apa saja yang sebenarnya bisa dieliminasi dari pemakaian listrik yang berlebihan dan dialokasikan pada kebutuhan lain yang lebih penting.

  1. Gunakan Alat Elektronik Dengan Fitur Hemat Energi

Seperti  televisi LED, saat ini banyak tv LED yang telah ditempel dengan fitur hemat energi. Perbandingan daya listrik TV tabung atau TV LCD dengan TV LED sangat jauh. Jika TV tabung atau LCD ukuran 32 inchi menggunakan daya hingga 100 watt atau bahkan lebih maka TV LED 32 inchi hanya membutuhkan daya listrik 40-50 watt saja. Bahkan jika fitur hemat listrik atau Eco diaktifkan, daya listrik akan lebih hemat hingga separuhnya menjadi 20-25 watt saja. Beberapa merek bahkan memiliki fitur hemat listrik dalam beberapa tingkatan.

  1. Matikan Gadget Ketika Tidak Digunakan

Gadget yang dimatikan ketika tak digunakan semisal dimalam hari akan menyimpan daya supaya esok hari bisa dipakai kembali, berhemat listrik dari hal sekecil apapun karena ketika kita sudah terbiasa dengan hidup berhemat maka pengeluaran akan listrik pun bisa ditekan.

Demikian tips menghemat listrik yang disajikan demosmagz.com semoga bisa membantu menyadarkan sobat demagz akan pentingnya listrik serta pola hidup yang hemat.(Kahar)

Baca Juga :

Jangan Ketinggalan ! Begini Cara Membuat Live Stories di Instagram

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY