Tips Mengelola Keuangan Saat Bulan Ramadhan

236


Demosmagz.com – Bulan Ramadhan biasanya ada pengeluaran khusus yang perlu dilakukan oleh banyak orang saat menjelang Lebaran. Pola keuangan akan banyak berubah dibandingkan dengan pola keuangan di hari-hari biasanya.

Maka, seperti yang dilansir halomoney.co.id kita perlu merencanakan pola keuangan khusus selama bulan Ramadhan agar tetap dapat berhemat. Berikut cara khusus pengelolaan keuangan di bulan Ramadhan ;

 

1.Persiapan untuk Buka Puasa

Salah satu cara untuk berhemat, pada saat buka puasa bersama dengan menggunakan sistem makan tengah. Misalnya pesanlah satu porsi ikan besar dan sayur-sayuran untuk dibagi bersama. Jika tidak dikelola dengan benar, maka buka puasa kamu bisa berujung menjadi pemborosan.

 

2. Mencari Pakaian Baru

Baju baru seakan sudah menjadi tradisi setiap Lebaran tiba. Jika ingin membeli baju baru, berbelanjalah sebelum memasuki masa Lebaran, itu akan lebih menghemat keuangan kita. Hal ini juga berlaku untuk perlengkapan ibadah. Sebenarnya, kita juga dapat menggunakan pakaian lama yang jarang digunakan, karena kebanyakan orang tidak akan menyadari kalau baju yang kita kenakan sebenarnya baju lama.

 

3. Bingkisan Lebaran

Cara paling umum untuk menghemat bingkisan Lebaran, dengan membuatnya sendiri parcel tersebut. Harganya akan bisa jauh lebih murah, daripada kita membeli sendiri yang sudah menjadi parcel di pusat perbelanjaan atau supermarket.

 

4. Uang untuk Zakat

Zakat Fitrah maupun zakat amal, sebaiknya sudah mulai dialokasikan sebelum memasuki bulan puasa. Pisahkan pengeluaran zakat di rekening berbeda dari sehari-hari atau simpan secara tunai di rumah.

Kita dapat menyalurkan segera saat memasuki bulan Ramadhan untuk mencegah kemungkinan terpakainya uang tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY