Tips Jitu Perbaiki Kualitas Tidur Tanpa Obat

184


Demosmagz.com – Selain untuk beristirahat, tidur dianggap dapat menjadi obat penenang saat kita dalam kondisi stress. Namun bagaimana jika mengalami kesulitan tidur ? pola tidur yang buruk bisa mengancam kesehatan dan pola hidup. Dampaknya pun bisa secara langsung sobat alami seperti kurang fit dalam beraktivitas, emosi yang kurang stabil, depresi, dan lainnya.

Permasalahan tidur sebagian dialami oleh masyarakat, hasil studi pada tahun 2008 menyatakan 45% dari populasi dunia memiliki masalah tidur. Kemudian dari laporan Royal Society, di Inggris saja, setiap tahun menulis lebih dari 10 juta  resep obat tidur.

Di AS, terdapat lebih dari 2.800 klinik yang menangani permasalahan tidur, seperti disediakannya produk herbal, obat-obatan, serta macam-macam perangkat tidur. Menurut P & S Market Research, mereka memperoleh keuntungan $58 milyar di tahun 2014.

Tidur merupakan kegiatan prioritas utama setiap hari. Misalnya 8 jam di malam hari, kemudian maksimal 30 menit ketika siang, hal tersebut dapat membantu aktivitas kerja serta meningkatkan kewaspadaan. Tidur siangpun tidak terbatas di ruang kamar saja.

Begitupula menurut Steven MacGregor, pendiri Leadership Academy Barcelona dan ahli kesehatan eksekutif, menggambarkan bahwa tidur merupakan keterampilan yang harus dipelajari. Ia mengatakan pekerjaan yang membutuhkan pemikiran yang eksekutif seperti berurusan dengan ketidakpastian membutuhkan kualitas tidur yang baik.

Di Negara Eropa, beberapa mengandalkan pelatih tidur untuk memperbaiki masalah tidur. Awalnya, pelatih tidur digunakan untuk orang tua yang mengalami kesulitan tidur, tapi kini dilakukan untuk semua orang.Bisnis tersebut memasang tarif yang berbeda, tergantung lokasi dan pengalaman.

Bagi sobat demagz yang kesulitan tidur, pelatih tidur disana menyarankan untuk membuat gambar dalam pikirannya yang merangsang relaksasi.  Kemudian membangkitkan gambar yang diperlukan, menjelaskan gambar dalam kata-kata dan buat gambar sebuah negara yang ideal dalam relaksasi anda.

Tidur bukan sesuatu yang alami, melainkan diperlukannya pola hidup yang baik. Ketika kita memperlakukan tubuh kita dengan buruk, jangan harap memiliki kualitas tidur yang baik.

Adapun tips jitu yang dapat sobat demagz lakukan sebelum tidur agar cepat dan nyenyak tidur, diantaranya mematikan lampu dan alat elektronik lainnya, berendam air hangat, membaca dan menulis atau main game untuk menghilangkan stress sejenak. Atau mendengarkan suara musik, melakukan peregangan, dan kurangi kafein serta rokok sebelum tidur.(Ade)

Baca Juga : Kenali Bahaya Sinar Matahari di Siang Hari

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY