Tips Ampuh dan Simpel Melepaskan Stres

198

Demosmagz.com – Kondisi stres dapat menerpa siapapun dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Pada dasarnya stres bisa terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi. Tujuan pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapinya.

Ketika tubuh mendapatkan energi untuk menghadapi suatu persoalan, sebenarnya keadaan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Namun pada zaman sekarang, tekanan hidup banyak berdatangan dari berbagai aspek yang sifatnya sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Sehingga, stres secara terus-menerus bisa saja terjadi dan membuat tubuh menjadi lelah. Akibatnya seseorang akan sulit berpikir jernih, hingga akan menyebabkan interaksi sosial, kualitas hidup, dan kesehatan orang tersebut akan mengalami kesulitan pula. Oleh karena itu, mengetahui cara menangani stres adalah hal penting, agar tubuh selalu memberikan respon yang baik pada banyak situasi yang datang. Adapun cara mengatasi stres adalah sebagai berikut:

Pakar meditasi Emmy-Lou Knowles mengatakan upaya meredakan stres bisa dilakukan dalam waktu tiga menit saja. Ketika seseorang merasa khawatir dan stres, yang diperlukan adalah ruang sementara.

“Anda tidak membutuhkan aroma terapi tertentu, lilin, atau duduk bersila di lantau. Marilah kita realistis, yang perlu anda lakukan yakni menutup mata atau melihat dengan fokus sebuah titik di hadapan Anda, dengan kaki datar menapak di lantai,” kata Knowles kepada Daily Mail.

Cara ini, menurutnya pastinya lebih mudah dilakukan ketika Anda ada di meja kantor bukan? Langkah selanjutnya, fokuslah dengan menarik napas dalam melalui hidung, kemudian hembuskan napas dengan adanya desahan.

Anda juga bisa coba cara lain, seperti berikut ini;

  • Tidur Yang Cukup

Sejumlah penelitian menemukan, orang-orang yang tidurnya kurang memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi dibanding mereka yang bisa tidur 8 jam per hari. Untuk menghidari stres berlanjut, mulailah dengan tidur yang cukup dan teratur.

  • Meditasi

Meditasi telah terbukti ampuh menenangkan jiwa sehingga menurunkan kadar kortisol. Banyak orang yang membiasakan diri dengan meditasi untuk mencegah maupun mengatasi stres.

  • Minum Teh Hitam

Konsumsi teh hitam dipercaya dapat menurunkan kadar kortisol yang menyebabkan stres. Minuman yang sudah ada sejak zaman dahulu ini dapat menenangkan pikiran secara alami. Ketika stres, cobalah duduk santai sambil minum secangkir teh hitam yang hangat.

  • Minum Air Putih

Tanpa disadari, tingginya kadar kortisol juga bisa disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Tubuh juga menjadi lebih lelah dan berkurangnya aliran darah ke sejumlah organ tubuh. Jangan lupakan kebiasaan minum air putih yang cukup agar tidak mudah stres.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Sejumlah makanan tertentu yang sehat dipercaya dapat menurunkan kadar stres. Contohnya, cokelat hitam, salmon, dan buah-buahan.

Biasakan makanan sehat bergizi seimbang dan tinggalkan junk food. Kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut berperan dalam mengurangi kadar kortisol.

  • Makan Permen Karet

Mungkin banyak orang sudah jarang makan permen karet. Beberapa studi mengungkapkan, makan permen karet membantu mengurangi stres. Penelitian menemukan, rasa permen karet dapat meningkatkan aktivitas saraf dan efektif mengurangi tingkat stres.

  • Olahraga

Tak dapat dipungkiri, olahraga dapat menurunkan stres karena memicu pelepasan hormon bahagia. Olahraga teratur membantu seseorang melupakan sesuatu hal yang membuat stres.

Selamat mencoba bagi anda yang sedang mengalami stress, semoga bisa bermanfaat. Di kutip dari berbagai sumber (kahar).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY