Tingginya Pengguna Internet Ternyata Berdampak Terhadap Kebutuhan Air

281

ilustrasi internet
Demosmagz.com – Air merupakan sumber kehidupan yang sangat vital fungsinya, menurut literasi, jumlah air di dunia adalah statis (tetap) tapi untuk kebutuhan air bersih yang jadi permasalahannya. Diperkirakan lebih dari 15% penduduk dunia tidak memiliki akses air bersih.

Tahun lalu, Pernyataan yang disampaikan oleh Imperial College London diperlukan sebanyak 200 liter air untuk mengunduh sebuah file yang berukuran satu gigabyte (GB). Ternyata aktivitas manusia berselancar di dunia maya membutuhkan air.

Kenapa membutuhkan air? Air dipakai untuk pendinginan pusat data agar tetap sejuk, atau fungsi lebih lanjutnya untuk mensupply kebutuhan listrik agar server tetap beroperasi.

infografis
Dilansir dari situs Imperial College London, Penggunaan internet telah meningkat  dari tahun 2001 sampai  2013, pengakses Web  naik dari 8% menjadi 38%. Jumlah data yang dikirimkan secara online telah berkembang pesat selama dekade terakhir, 100 gigabyte per detik (GB / s) pada tahun 2002 untuk 28.000 GB / s pada tahun 2013.

Bayangkan, jika penggunaan data yang banyak seperti saat ini, berapa liter yang dibutuhkan untuk melakukan pendinginan pusat data? Salah satu cara untuk menghemat air untuk kasus ini perlu adanya teknologi pendinginan yang membutuhkan sedikit air, memanfaatkan udara dan sejenisnya.(Reja)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY