Tingginya Konsumsi Masyarakat Indonesia Terhadap Media Online

312


Demosmagz.com – Era digitalisasi sudah tidak bisa kita bendung lagi, hampir semua sarana yang mendampingi kita perlahan tapi pasti semakin canggih. Seperti media-media sekarang misalnya, pembaca media cetak sedikit sudah banyak berpindah ke media online apalagi mesin gadget kini bukan lagi barang yang hampir semua orang punya. Dibandingkan cetak media online menawarkan kelebihan komunikasi, akses media, serta menulis ide-ide jauh lebih cepat.

Seiring berjalannya waktu gadget menjadi senjata utama semua kalangan dalam menemani aktivitasnya dan hal ini mulai mempengaruhi kebiasaan-kebiasaan penggunannya, termasuk Indonesia yang notabene salah satu pasar terseksi di Asia bagi produk-produk elektonik seperti gadget.

Sebuah hasil survei yang di lakukan UC Browser mencatat hal-hal menarik terkait aktivitas para pengguna gadget. Pertama 95,4% pengguna internet di Indonesia ternyata lebih sering mengakses berita melalui gadget mereka dibandingkan media lain sepeti televisi (45,9%), koran/cetak (20,9%), dan radio (6,7 %).

Survei tersebut menggambarkan jika media-media konvensional sudah mulai tertinggal, dan mereka lebih memilih ponsel mereka sebagai media untuk mencari informasi. Fakta ini memang tidak mengejutkan karena di era ini kita cukup bergantung pada internet.

Selain itu data dari Aseanup.com juga menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara pengakses internet “mobile first”, karena 61% penggunannya mengakses internet dari mobile dan 39% melalui PC. Dalam konsumsi media, 540 menit setiap harinya mereka luangkan untuk mengakses informasi-informasi yang beredar dan via mobile menduduki peringkat pertama dengan waktu 291 menit dan sisanya media-media konvesional lainnya. (Hari)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY