Tidak Perlu Obat, Cara Sederhana ini Mampu Turunkan Demam

270


Demosmagz.com – Pastilah kita semua pernah merasakan demam, ketika kita sedang dihadapkan pada masalah tersebut atau pun orang yang terdekat kita sedang mengalami masalah demam, jika demam ringan maka hendaknya anda banyak beristirahat dan tentunya disertai dengan melakukan pengobatan agar suhu tubuh dapat cepat menurun.

Demam bukanlah merupakan suatu penyakit namun demam adalah respon tubuh sebagai cara untuk melawan infeksi yang sedang terjadi. Demam ditandai dengan kenaikan suhu tubuh di atas nilai normal atau bisa dikatakan badan panas. Banyak yang takut ketika badan panas terjadi, sehingga banyak yang berupaya bagaimana cara menurunkan demam dengan cepat dan aman.

Banyak Cara alami menurunkan demam, Namun terkadang orang menginginkan cara instan untuk semua hal tanpa memikirkan efek nya. Memakai obat-obatan yang ada di pasaran boleh, namun anda harus cermat dalam memilih obat yang baik untuk dikonsumsi, karena apabila tidak cermat dalam pemilihan obat dapat membahayakan. Namun ada juga Cara Menurunkan demam dengan cara alami, sehingga kita tidak sanksi akan efek sampingnya. Berikut cara menurunkan demam dengan cara alami:

Banyak Minum Bila Anda memiliki demam, tubuh Anda kehilangan cairan melalui keringat. Oleh karena itu, Anda harus mencoba untuk mengganti cairan yang hilang sebanyak mungkin untuk mencegah dehidrasi. Minum banyak air atau makan buah-buahan dan sayuran seperti semangka dan mentimun juga harus membantu.

Mandi Hangat Anda secara alami dan efektif dapat mengurangi demam dengan cara mandi air hangat. Terutama pada anak, lebih baik gunakan lap atau handuk bersih kemudian mandikan dengan cara mengelapnya saja.

Mengonsumsi Teh Herbal Beberapa tumbuhan berguna dalam mengurangi demam dan mendorong Anda untuk berkeringat. Hal ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi teh herbal hangat diminum seperlunya, mungkin 3 kali sehari, dan akan lebih baik ditambahkan madu.

Kompres Hangat, Sebuah suhu tubuh tinggi dapat diturunkan dengan menerapkan kompres hangat. Rendam kain handuk bersih dalam air hangat. Kemudian peras dan terapkan pada dahi atau dada. Ketika kain telah dingin atau sesuai suhu tubuh, celupkan lagi ke dalam air hangat, lalu ulangi.

Kaus Kaki Basah dan Kering Sebuah laporan dari University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa mengenakan kaus kaki basah saat tidur dapat membantu menurunkan demam. Rendam sepasang kaus kaki tipis dalam air dingin, peras lalu pakailah. Selama tahap ini, pakailah sepasang kaus kaki kering tebal di sisi luarnya. Saat Anda tidur, tubuh Anda akan memproduksi darah ekstra dan cairan limfatik untuk memerangi basah pada kaki. Ini juga akan membangun sistem kekebalan tubuh. Selalu jaga Kebersihan Kaki.

Catatan, Meskipun mengalami menggigil atau berkeringat dingin saat demam, tidak baik membungkus diri dalam selimut hangat atau mengenakan pakaian tebal. Gunakanlah pakain satu lapis agar suhu tubuh bisa turun dengan cepat. Selamat mencoba bagi anda yang sedang mengalami demam, semoga cara tersebut dapat membvantu anda menurunkan demam. Tulisan ini dikutip dari berbagai sumber. (kahar)

Baca Juga : Ini Dia 7 Bahaya Terlalu Sering Menahan Kentut

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY