Terus Berlatih, Kunci Sukses Siswa SMKN 1 Cirebon Raih Prestasi

297


Demosmagz.com – Prestasi yang di raih siswa bukan semata-mata mengandalkan bakat yang dimiliki saja, melainkan diperlukan minat yang tinggi untuk mencapai prestasi yang diinginkan. Selain itu, latihan secara sungguh-sungguh juga akan membuat kita menjadi terampil.

Seperti siswa di SMKN 1 kota Cirebon, siswa berprestasi yang sudah merambah tingkat Nasional diawali dari minat yang tinggi, “Dari kelas X kami melihat bakat dan minat yang menonjol pada siswa, lalu kami pilih biasanya 3 orang untuk di daftarkan mengikuti lomba tingkat kota. Ada siswa kami yang berbakat tapi tidak memiliki minat, namun ada siswa yang minatnya tinggi sehingga bisa berprestasi hingga tingkat Nasional.” Ujar Eka Supriyadi, bagian kesiswaan.

Samsuri, siswa asal Cirebon yang mengikuti lomba auto cad building mendapatkan peringkat 3 tingkat Nasional pada bulan Mei lalu. Ia maju mengikuti lomba meskipun di sekolahnya ada yang lebih berbakat dibidang gambar teknik bangunan. Ia berlatih secara rutin dan bermodal minat yang tinggi hingga mahir dengan keterampilannya.

“Namanya keterampilan sesuai dengan jam terbang mereka berlatih, semakin banyak berlatih otomatis semakin terampil. Kemudian pembina yang tekun mendampingi akan berhasil.” Ujarnyanya.

Seperti halnya Samsuri, ada tiga anak lainnya yang berhasil berprestasi hingga tingkat Nasional bulan Mei 2016, SMK negeri 1 Kota Cirebon berhasil membawa pulang siswanya dengan prestasi yang menggembirakan dan membanggakan dalam Lomba di Universitas Malang, Diantaranya M. Setiawan, siswa jurusan Bangunan yang memperoleh peringkat harapan 2 lomba Bricklaying (menata bata), Aji Santoso jurusan Bangunan memperoleh peringkat harapan 1 lomba Wall and Floor Tilling (memasang keramik), dan Nurohman jurusan Pendingin memperoleh peringkat harapan 1 lomba Refrigeration (pendingin).
Sekolah ini selalu mencari siswa yang berbakat dan berminat yang kemudian dibina untuk berlatih lalu didaftarkan lomba-lomba. Selain kejuaraan tingkat Nasional, tahun 2016 ini, masih banyak prestasi lainnya yang sudah diraih, baik tingkat kota sampai provinsi. Diantaranya peringkat 2 lomba renang dan debat bahasa inggris di tingkat provinsi. Kemudain dari 17 eskul yang ada di sekolah ini, masing-masing sudah memperoleh prestasi-prestasi sesuai bidangnya di tahun ini.(ade)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY