Ternyata Inilah Sebabnya Orang Sering Lupa

203


Demosmagz.com – Suatu peristiwa yang kita alami atau perbuat akan terekam oleh memori otak kita, akan tetapi seringkali terjadi kegagalan untuk mengingat kembali, kejadian itu sering disebut lupa, sobat demagz mungkin pernah bahkan sering lupa dalam hal-hal kecil dan sederhana bahkan hal-hal yang cukup penting. Misalnya lupa menyimpan kunci motor sehingga kejadian tersebut menyita waktu sobat untuk mencarinya. Karena lupa, sobat akan merasa  mudah cemas, sensitif, dan kacau pikirannya.

Perlu diketahui, penyebab seseorang menjadi lupa ialah secara alamiah dengan bertambahnya usia 65 tahun keatas dan metabolisme dalam tubuh menurun, namun banyak pula usia remaja hingga dewasa mengalami hal serupa. Berikut penyebabnya :

 

  1. Kurang tidur

Kurangnya Jam tidur ternyata Menyebabkan kinerja otak kita kurang maksimal.

 

  1. Gangguan fisik di kepala karena benturan atau kecelakaan

Benturan yang kita alami apalagi jika terbentur cukup keras dapat membuat kita pusing dan bisa menyebabkan lupa karena daerah otak cukup kaget dengan benturan tersebut.

 

  1. Stress

Gejala stress berupa rasa gelisah yang berlebihan dapat menyebabkan otak bekerja keras dan akan menghambat kita dalam mengingat informasi.

 

  1. Overload

Gaya hidup yang terlalu sibuk dan kelebihan menerima informasi mempengaruhi orang menjadi pelupa.

 

  1. Diet yang tidak sehat

Kurangnya vitamin dan asupan gizi lainnya untuk membantu proses otak bekerja.

  1. Kadar gula tinggi

Tingginya gula darah akan berakibat mengganggu penyimpanan memori di otak sehingga menyebabkan kita mudah lupa.

 

  1. Mendengkur

Selain mengganggu kualitas tidur, bisa menurunkan daya ingat karena saluran nafas biasanya terhambat sehingga memotong oksigen beberapa detik.

 

  1. Banyak mengkonsumsi obat

Seperti obat alergi dan obat tidur dapat menyebabkan fungsi otak terganggu. Serta konsumsi obat-obatan secara berlebihan akan menurunkan daya ingat. Untuk itu, pastikan dahulu dan konsultasikan pada dokter sebelum mengkonsumsi obat.

Sobat demagz dapat melakukan cara-cara seperti perbanyak makan vitamin dan rajin berolahraga atau senantiasa menyediakan catatan kecil agar mengurangi lupa, jangan sampai karena kelupaan akan hal-hal kecil justru berakibat fatal.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY