Ternyata Ini Alasan Rumah Dinas Bupati Cirebon Berada di Kota

894


Demosmagz.com – Banyak dari sobat demagz pasti penasaran, kenapa rumah dinas Bupati Cirebon ada di wilayah kota? Rumah dinas yang terletak di jalan Kartini dekat Masjid  At Taqwa dan alun-alun Kejaksan itu memang selalu mencuri perhatian para pengendara yang melintas.

Usut punya usut, ternyata memang pada puluhan tahun lalu, seluruh kedinasan Kabupaten Cirebon termasuk rumah dinas dan kantor Bupati Cirebon memang terletak di Kota. Itu artinya, di Kota Cirebon terdapat  Kedinasan-kedinasan Kabupaten dan juga kedinasan-kedinasan Kota Cirebon beserta kantor Bupati dan kantor Walikota. Baru ketika Sumber ditunjuk sebagai Ibu Kota Kabupaten, seluruh Kantor dipindah kesana. Kecuali rumah dinas Bupati.

“Mungkin karena dulu semua kantor kedinasan sama kantor bupati ya disitu, Jadi ketika pindah semua kantor pindah ke Sumber hanya itu saja rumah dinas yang tidak pindah” kata Wawan pengelola arsip Kota Cirebon ketika Demos temui di Kantornya (9/6)

Wawan juga menambahkan bahwa, dulu kantor-kantor kedinasan memang berada di sekeliling Rumah dinas Bupati. Terlebih memang di Kota-kota lain pun kantor-kantor kedinasan Kabupaten berada di Kota.  Akan tetapi untuk di Cirebon sendiri, Rumah dinas tidak di pindahkan.

“Tapi tanah itu sekeliling itu sampai sekarang masih punya kabupaten, makanya barangkali itu sebabnya kenapa rumah dinasnya masih disitu.” Kata Wawan.

Dibangun di tanah seluas 18.150 m2, rumah dinas Bupati Cirebon ini terbagi menjadi dua bangunan utama,  yaitu Pendopo dan Rumah Dinas. Diperkirakan Rumdin ini sudah mulai dibangun sejak abad 17.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY