Ternyata Ada Makna Istimewa di Balik Kalimat Hompimpa Alaium Gambreng

787
FIX

null

Demosmagz.com – Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti mengenal istilah Hompimpa. isitilah yang selalu disebutkan dan bahkan di dendangkan pada setiap awal permainan tradisional ini adalah salah satu cara untuk mengundi siapa yang menang atau yang kalah dalam setiap permainan.Tapi tahukah sobat demagz apa arti dari hompimpa?

Hompimpa atau juga sering dilafalkan dengan hompimpa alaium gambreng ternyata diambil dari bahasa sangsakerta yang berarti “dari Tuhan kembali ke Tuhan, mari kita bermain” untuk melaukan hompimpa ini minimal harus diikuti oleh tiga orang.siapa yang paling berbeda dalam meletakkan telapak tangan maka dialah yang menang.

Hompimpa juga memiliki makna yang cukup arif, Hompimpa bermakna sebagai penentu pemenangan atau permulaan segalanya. selain itu hompimpa juga mencerminkan sikap musyawarah dan melatih kita untuk menerima persetujuan. karena itu dapat menumbuhkan sikap kebersamaan antar manusia.

Saat ini seiring perkembangan zaman permainan tradisional makin hari makin ditinggalkan sehingga anak-anak yang melantunkan hompimpa pun sudah semakin jarang. Padahal ada ribuan permainan tradisional yang dipunyai oleh Indonesia dan untuk menentukan siapa yang mengawalinya diundi dengan hompimpa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY