Terbukti! Ini Dia Manfaat Tanaman Pacar Cina Untuk Kesehatan

305

Demosmagz.com – Negeri kita memang terkenal dengan kekayaan dan keanekaragaman hayatinya, tak hayal banyak sekali jenis tanaman yang tumbuh dan dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal. Mungkin banyak orang yang tidak mengenal tanaman yang satu ini, ya! ini adalah tanaman Pacar Cina, tanaman obat ini memang kurang dikenal oleh sebagian masyarakat, sebab bentuk dari pohonnya yang perdu hampir sama dengan pohon beringin, sangat tidak disangka jika tumbuhan ini mempunyai khasiat obat.

Pacar cina termasuk juga jenis tanaman liar yang biasanya tumbuh dibelakang rumah atau halaman ini, ternyata juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, manfaat pacar cina khusus dibidang kesehatan sudah tidak perlu lagi untuk diragukan, ini tentunya karena kandungan gizi dan vitamin yang terdapat di dalam tumbuhan pacar cina ini sanggup untuk menyembuhkan atau meringankan suatu penyakit.

Senyawa aktif utama yang bersifat insektisida dan dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan biopestisida ini termasuk dalam golongan benzofuran. Pada daun Aglaria odorata selain rokaglamida juga ditemukan, dan tiga senyawa turunan yaitu desmetilrokaglamida, metil rokaglat dan rokaglaol. Aktivitas ekstra bagian tanaman pacar cina selain bersifat insektisida dapat juga bersifat antifidan atau penghambat perkembangan. Kandungan yang terdapat pada pacar cina untuk kesehatan adalah Minyak atsiri, alkaloid serta garam mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan kerena khasiat obat tersebut, pacar cina juga bisa dijadikan salah satu obat alternatif yang bisa digunakan untuk jamu tradisional.

Pacar cina berkhasiat menyembuhkan Perut kembung, batuk, pusing, mempercepat persalinan, memar, Bisul, darah haid banyak, bau badan, diare, sukar menelan. Bagian yang digunakan antara lain Bunga, daun, batang, dan ranting. Bunga berkhasiat untuk perut kembung, sukar menelan, batuk, pusing, dan mempercepat persalinan. Daunnya berkhasiat untuk memar, bisul, darah haid banyak, bau badan, dan diare.

Cara pemakaian Daun, bunga, atau ranting sebanyak 5-15 gram direbus, lalu diminum. Untuk pemakaian luar, batang, ranting atau daun digiling halus lalu dibubuhkan ke tempat yang sakit. Berikut salah satu contoh cara pemakaiannya:

  • Darah haid banyak : Daun pacar cina segar sebanyak 1 genggam penuh dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum. Sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.
  • Bau badan : Daun pacar cina segar sebanyak 10 g dan daun sirih segar sebanyak 7 lembar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Kemudian minum sehari 2 kali, pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas.

CATATAN : Perempuan hamil dilarang minum. Artikel ini di kutip dari berbagai sumber, (kahar).

Baca juga : Ajaibnya Khasiat Tanaman Ciplukan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY