Tau gak sih ? Ini dia Sejarah Unik Docang di Jaman Wali

1227
Docang Khas Cirebon

Demosmagz.com – Docang, Namanya mungkin sudah cukup dikenal oleh masyarakat Cirebon. Tentu saja, sebab Docang adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Cirebon. betul memang nama docang tak sepopuler tahu gejrot. Akan tetapi siapa sangka makanan yang satu ini ternyata menjadi makanan khas para wali jaman dahulu.

Dikisahkan ketika jaman wali dahulu, ada pihak yang tidak suka dengan aktivitas para wali yang ingin menyebarkan agama Islam di dataran Jawa. Mereka yang tak suka dngan para wali itu lantas ingin meracun wali dengan menyuguhkan makanan sisa para sultan. Tak terduga para wali songo yang disuguhkan makanan sisa dan beracun itu ternyata justru menyukainya. Terlebih para wali tersebut tidak teracun dengan makanan itu.

Ilustrasi Jaman Wali

Docang yang berarti dari oncom dan kacang itu kini justru menjadi makanan khas Cirebon. panganan dengan bahan dasar daun singkong, toge dan tentunya sayur oncom dage yang terbuat dari ampas tahu dicampur sedikit bunkil kacang tanah serta di taburi parudan kelapa muda dan tentunya kerupuk. Docang lebih disukai oleh masyarakat di Cirebon untuk dikonsumsi pagi hari. Sebab itu kebanyakan penjual docang menjajakan makananya itu di pagi hari.

Makan docang paling enak dan nikmat ketika masih dalam keadaan panas. Memang saat ini menemukan docang tidak semudah menemukan warung nasi jamblang atau empal gentong. Akan tetapi jikalaiu sobat menemukan penjual docang. Sudah dipastikan kocek yang harus dikeluarkan tak akan mahal. Bagaimana? Siap menyantap makanan gurih kesukaan para wali ini?(Wildan)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY