Tantangan Perusahaan Kini di Era Digital

182

Demosmagz.com – Di era digital ini, salah satu perubahan yang terjadi di dunia kerja adalah adanya fleksibilitas tempat kerja. Artinya, seorang karyawan tidak harus mengerjakan semua pekerjaannya di kantor, tapi bisa dilakukan dari dimanapun dan kapapun melalui perangkat mobile dan aplikasi berbasis penyimpanan data virtual, cloud.

Terlebih saat ini pekerja perusahaan datang dari era milenial yang sudah cukup mengenal dunia digital, kelebihannya adalah efisiensi kerja. Berdasarkan studi dari Microsoft Asia Workplace 2020, yang dilakukan pada Februari hingga Maret 2017, 38% responden menyatakan setuju bahwa kepemimpinan organisasi mereka telah berkomitmen dalam menjembatani kemampuan dan kesenjangan digital di tempat kerja mereka. Studi ini melibatkan  4.175 responden di 14 negara Asia, termasuk 312 responden dari Indonesia.

Selain itu, budaya di organisasi atau perusahan tersebut juga memegang hal penting. Hal ini menyangkut investasi yang dilakukan perusahaan dalam hal pengembangan budaya digital, melalui pelatihan dan pengembangan lewat pihak SDM. Dari hasil studi, baru 43% responden yang menyatakan setuju bahwa organisasi mereka telah melakukan langkah tersebut.

Pun dengan aspek adanya akses terhadap pusat data dan teknologi yang lebih baru. Terkait hal ini, hanya 39% responden yang merasa, organisasi mereka telah berinvestasi dalam perangkat analisis dan data untuk membuat mereka mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Kemudian baru 42% responden yang menyebutkan bahwa organisasi mereka telah memberi mereka perangkat untuk menyederhanakan alur kerja.

Saat ini dunia kerja dituntut harus cepat dan sigap dalam kerjanya. Pemanfaatan digitalisasi dalam sistem perusahaan akan berpengaruh besar terhadap majunya perusahaan, saat ini tipe perusahaan yang memakai cara konvensional akan terkikis dengan sendirinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY