Tanggulangi Aroma Tak Sedap, DKP Cirebon Siapkan TPS Ramah Lingkungan

322

Cirebon, demosmagz.com – Bicara Tempat Pembuangan Sementara (TPS) barngkali yang terpikirkan pertama kali adalah soal bau menyengat, kumuh ataupun menjijikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketiga hal itu akan sangat berkaitan dengan TPS dimanapun. Kota Cirebon yang kini tengah ngotot untuk membawa pulang adipura memiliki 32 TPS yang tersebar diseluruh wilayah kota. Akan tetapi hadirnya TPS tak melulu disambut baik oleh warga, Beberapa warga di ujun jalan Cipto mengeluhkan bau tak sedap yang kadang ditimbulkan TPS.

Menanggapi hal itu, Kepala bidang tempat Pembuangan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cirebon Muchtar beranggapan jika instansinya telah berupaya dalam hal melayani masyarakat dengan baik.

“Ya kami berupaya untuk mengantisipasi daripada bau yang ada di TPS tersebut apalagi sesuai dengan program pemerintahkan kami berupaya untuk TPS ramah lingkungan, pengangkutan sampah juga rutin begitu penuh angkut” ujarnya ketika ditemui di Kantor Sarpras DKP Kota Cirebon.

Kedepan pihaknya hendak membuat TPS inovasi yang sekiranya dapat sedikit banyak menyerap aroma tidak sedap dan pemandangan kumuh. TPS itu nantinya tidak dibiarkan terbuka dan dekat dengan taman-taman serta penjadwalan pengangkutan yang baik.

“Pertama penjadwalan pengangkutan, kedua mengupayakan biar tempat ini gak terlalu kumuh yang ketiga kita adanya ramah lingkungan kita buatkan taman-taman, sekarang ada tuh di evakuasi TPS tertutup tujuanya mengantisipasi bau terus pengangkutan sampah juga sudah rutin” tuturnya.

Tujuan dari TPS inovasi yang ramah lingkungan ini terutama untuk mnyerap bau tidak sedap dan penampilan kumuh yang tak enak dipandang, Rencananya seluruh TPS di Kota Cirebon akan menjadi TPS ramah lingkungan.

“Insyaallah kami rencanakan begitu, Sekarang lagi digalakkan semua TPS ada 32 yang sudah ada 8 TPS tertutup, Insya allah semua tertutup  kita prioritaskan dulu yang dipinggir-pinggir jalan” tutupnya.(Wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY