Tanaman Pegagan Ternyata Mampu Meningkatkan Kecerdasan

325


Demosmagz.com – Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.

Tanaman pegagan kadang-kadang di tanam sebagai penutup tanah di perkebunan atau sebagai tanaman sayuran (sebagai lalab), terdapat sampai ketinggian 2.500 m di atas permukaan laut. Pegagan merupakan terna menahun tanpa batang, baunya wangi dan rasanya pahit. Seluruh bagian tanaman pegagan sangat bermanfaat kecuali akar.

Salah satu khasiat yang paling banyak diteliti adalah yang menyangkut kecerdasan. Pelitian terbaru di India membuktikan tanaman keluarga Umbelliferae itu juga berguna bagi anak yang mengalami keterbelakangan mental. Penelitian serupa dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga, dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Mereka menguji khasiat serbuk pegagan terhadap IQ anak. serbuk pegagan terbukti dapat meningkatkan intelegensia.  Anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg serbuk pegagan selama 1 bulan. Hasilnya, IQ meningkat sampai 4,6%. Semua anak yang mengikuti uji klinis juga lebih berkonsentraasi.

Selain itu, anak yang berperilaku pasif, pemalu, dan gelisah, berubah menjadi periang, komunikatif dan kooperatif. Itulah khasiat dari zat asiaticosida yang terdapat dalam pegagan. Senyawa golongan triterpenoid itu mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan. Cara kerjanya dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain tu, daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.

Akhir-akhir ini di Eropa dan Amerika, Herbal Pegagan dipakai oleh herbalist untuk masalah yang berhubungan dengan pembengkakan jaringan misalnya scleroderma, psoriasis arthritis (artritisa yang berhubungan dengan psoriasis), anklylosing spondylitis (arthritis pada tulang belakang), dan rheumatoid arthritis. Bahkan penelitian terakhir menyatakan bahwa Herbal Pegagan bisa dipakai untuk menurunkan hipertensi, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, menurunkan kadar kecemasan, dan melancarkan peredaran darah pada varises.

Wanita hamil tidak dianjurkan mengasup Herbal Pegagan karena bisa terjadi keguguran spontan. Karena Herbal Pegagan tidak direkomendasikan untuk bayi, maka wanita yang sedang menyususi dianjurkan untuk tidak mengasup Herbal Pegagan. Sedangkan manula, 65 tahun ke atas dianjurkan memakan dosis setengah takaran standard. Untuk pemakaian yang serius, perlu dikonsultasikan dengan ahli herbal.

Menilik manfaatnya, maka tidak heran bila orang-orang yang sering mengkonsumsi lalap Herbal Pegagan atau minum teh Herbal Pegagan nampak awet muda dan memori juga terjaga serta sehat dan kuat fisik dan mentalnya. Di kutip dari berbagai sumber (kahar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY