Tamasya Sejarah Cirebon, Ayo Ke Museum Pangeran Cakrabuwana

1440

Cirebon, Demosmagz.com Sebuah daerah di pesisir jawa bagian utara yang memiliki segudang seni dan kebudayaan. Daerah yang memiliki dua pusat pemerintahan Kota dan Kabupaten ini sekarang memiliki museum khusus untuk menata benda-benda bersejarah sekaligus memiliki nilai budaya. Museum itu bernama museum pangeran Cakra Buwana.

Terletak di kawasan pemerintahan Sumber Kabupaten Cirebon, Museum yang baru di resmikan pada tanggal 2 April lalu ini berada disamping Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Cirebon.  di museum ini kita akan melihat sejumlah benda-benda bersejarah juga benda-benda kebudayaan yang tertata rapih.

Ada banyak sekali benda yang terdapat disini seperti Keris, Fosil, Batik hingga Wayang yang pernah di pakai oleh Sunan Kalikaha ketika mendakwahkan islam di Cirebon. Menurut Djoko petugas museum tersebut, benda-benda yang berada di museum Pangeran Cakrabuwana ini berasal dari kolektor dan koleksi pemerintah.

“disini benda-bendanya asalnya dari mana-mana ya, banyak juga yang dari para kolektor, jadi dari pada hanya dismpan disana lebih baik ditaruh disini untuk pengetahuan banyak orang juga.

Museum yang memiliki dua lantai ini dibangun memang bertujuan untuk mengenalkan kembali juga melestarikan budaya dan seni yang ada di Cirebon. menurut Joko masyarakat Cirebon perlu tahu tentang kebudayaan yang ada di Cirebon.

“karena Cirebon itu kan kaya akan seni dan budaya jadi memang tujuan dibangun museum ini memang untuk mengenalkan kembali seni dan budaya Cirebon” kata Djoko

Menariknya masuk ke museum ini sama sekali tidak dipungut biaya. Sobat demagz hanya perlu mengisi buku kunjungan untuk menikmati dan belajar bagaimana kayanya tanah Cirebon ini. (wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY