Tahun Depan, Sarjana Keguruan Mesti Kuliah Lagi

287


Edukasi, Demosmagz.com – Keberadaan akta IV sudah tidak dibutuhkan lagi dalam perekrutan menjadi guru. Menurut Kemendikbud, berdasarkan peraturan Undang-Undang 14/2005 tentang guru dan dosen, akta IV sudah tidak dipakai lagi. Sebelumnya akta IV ini biasanya diterbitkan bersama saat pembagian ijazah. Namun meskipun sudah beberapa tahun peraturan tersebut ditetapkan, masih ada perdagangan akta IV yang dilakukan oleh kampus-kampus swasta.

“Jadi sekarang untuk melamar menjadi CPNS guru seharusnya cukup ijazah saja,” ucap Kepala Sub Direktorat Program dan Evaluasi Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Agus Susilo, dikutip dari salah satu media online.

Hanya saja persyaratan tersebut berjalan hingga 2016 saja. Setelah itu para calon guru lulusan fakultas keguruan jika ingin mengikuti CPNS atau guru swasta professional yang berhak memiliki tunjangan harus memiliki sertifikat profesi. Akan Tetapi untuk mendapat Sertifikat profesi ini bisa diperoleh di universitas-universitas tertentu saja.

Sertifikat profesi tersebut diperoleh setelah menempuh tambahan masa studi. Standarnya, mahasiswa FKIP menempuh pendidikan empat tahun atau 8 semester. Maka mereka wajib menempuh kuliah lagi selama satu tahun untuk mendapatkan sertifikat profesi. Hal demikian menunjukkan bahwa untuk menjadi guru tidak mudah dan diperlukannya guru yang professional.

“Intinya nanti tidak mudah menjadi guru profesional atau guru PNS,” ucap Agus.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY