Sultan Kacirebonan Resmikan Komunitas Kuno Kini Nanti

248

Cirebon, Demosmagz.com – Komunitas kuno kini nanti mengadakan acara peresmian atau syukuran komunitas di pawon bogana, keraton Kacirbonan pada senin, (16/1) sore kemarin.

Acara ini mengundang berbagai komunitas yang ada di kota Cirebon, turut di hadiri pula oleh sultan keraton Kanoman, sultan keraton Kacirebonan, beberapa siswa SMAN 1 kota Cirebon, dan kepala sekolah SMPN 6 kota Cirebon.

Komunitas kuno kini nanti fokus bergerak di bidang budaya, khususnya budaya Cirebon. Dengan merangkul generasi muda seperti pelajar juga komunitas-komunitas lain untuk bersama-sama melestarikan budaya Cirebon.

“Ada unsur kolaborasi, tidak kunonya saja tapi ada unsur kekiniannya, kemudian bagaimana akan tetap ada nantinya. “ Ujar Panji, pendiri komunitas kuno kini nanti Cirebon.

Meski baru diresmikan, komunitas ini sudah mengadakan event-event budaya di akhir tahun 2016 kemarin yakni melodi kota udang, dengan menghadirkan seniman tarling legendaris kota Cirebon, Mama Djana Pertanain. Kemudian pada Sabtu kemarin mengadakan sosialisasi inovasi batik lem dalam acara Spenam Expo 2017 di SMPN 6 kota Cirebon.

Fitria Pamungkaswati selaku dewan pembina komunitas kuno kini nanti memaparkan kegiatan-kegiatan yang akan di laksanakan ke depan. Diantaranya melakukan promosi di tingkat internasional mengenai inovasi batik lem lalu mengajukan hak cipta, kemudian di bulan Maret mendatang akan mengadakan lomba pentas seni pelajar SMP se-kota Cirebon, di bulan April akan mengadakan lomba cipta logo untuk umum, serta lomba foto dan melukis bangunan tua yang ada di Cirebon dan mengadakan acara melodi kota udang ke- 2.

“Kuno jadi kekinian, karena budaya luar bertolak belakang dengan kita.” ujar Fitria Pamungkas dalam sambutan acara.

Sultan kanoman, adipati kadiran dalam sambutannya menyampaikan bahwa meskipun komunitas ini baru tetapi sudah mampu merangkul pelajar-pelajar seperti SMP dan SMA untuk mengajak bersama-sama dalam melestarikan budaya Cirebon.

“Ini merupakan bagian dari kepedulian terhadap budaya-budaya yang ada, Saya yang mencintai budaya sangat berterima kasih mudah-mudahan menjadi kebanggaan kita bisa merangkul yang lain untuk mencintai budaya-budaya di Cirebon. “ ucapnya dalam sambutan.

Apresiasi juga muncul dari sultan Kacirebonan yang sekaligus meresmikan komunitas kuno kini nanti Cirebon.

“Melestarikan budaya-budaya masa lalu, itu tanggung jawab kita semua untuk melestarikannya,  Kita ketahui Cirebon menjadi tempat tujuan wisata Alhamdulillah sekarang generasi muda bisa memainkan gamelan, tari topeng dan kesenian lainnya, sedangkan dulu pelaku budaya hanya sepuh saja.” ujarnya dalam sambutan.

Sultan juga berharap agar komunitas kuno kini nanti bisa mendorong generasi muda terhadap kecintaan budaya  dan Juga bisa menjadi ujung tombak. Beliau juga mengatakan bahwa Cirebon akan menjadi seperti Bali.(Ade)

Baca Juga : Kemeriahan Expo 2017 Batik Lem SMPN 6 Kota Cirebon

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY