Stress Ternyata Dapat Membuat Istri Sulit Hamil

152

Demosmagz.com – Pakar kesehatan menyebutkan jika selain gangguan pada organ reproduksi, ternyata ada banyak sekali penyebab dari pasangan yang belum mendapatkan kehamilan, salah satunya adalah karena stress. Wanita yang stres beresiko tidak subur sehingga sulit hamil, berikut penjelasan mengapa stres bisa bikin perempuan susah hamil.

Pendiri Fertility Awareness Counseling and Training Seminars (FACTS), Tony Weschler menjelaskan, stress bisa mempengaruhi fungsi hipotalamus, bagian di otak yang berfungsi mengatur emosi, tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh dan perilaku konsumsi. Bagian otak ini juga mengatur hormon yang memerintahkan ovarium untuk melepaskan sel telur. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika stress bisa memicu adanya penurunan produksi lendir yang ada pada serviks sehingga menurunkan masa subur.

Sebagai makhluk hidup, manusia pasti mengalami stres di dalam hidupnya. Saat tidak bisa dikelola dengan baik, stres mampu mempengaruhi kesehatan tubuhmu dan menurunkan kesehatan secara perlahan. Sebab stres yang menyerang kesehatan mental ini bisa membuat fisik jadi lemah. Sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita menjadi lebih kacau. Siklus menstruasi yang tidak tentu akan membuat tingkat kesuburan wanita menjadi semakin menurun.

Karena alasan inilah, wanita juga harus pandai-pandai mengelola stressnya, apalagi jika Ia berada dalam lingkungan kerja yang cukup membuat stress. Nah, buat pasangan suami istri terutama buat pasangan suami juga harus memberikan dukungan pada pasangannya dan jangan bikin stres pasangan kamu, sehingga istri pun bisa menata pikirannya agar tetap positif sehingga sistem reproduksinya pun tidak akan terganggu. Dengan pikiran yang lebih positif dan berbahagia, wanita akan memiliki kecenderungan untuk hamil yang jauh lebih tinggi. Dikutip dari berbagai sumber. (Kahar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY