Siapa Sangka, Tanaman Pinggiran Sawah Ini Ternyata Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit

263

null
Cirebon, Demosmagz.com Pohon turi yang memiliki nama latin sesbania grandiflora ini banyak ditanam oleh petani di penggiran sawah. Tumbuhan dengan banyak kegunaan ini asalnya diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, namun sekarang telah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia. Turi ditanam untuk pelbagai kegunaan seperti peneduh, pagar hidup, penahan angin, pohon rambatan, pohon hias, dan juga untuk menghijaukan lahan kritis. Bintil-bintil akar pada turi mengikat nitrogen dalam tanah, dan dengan demikian memperbaiki kesuburan tanah. Daun, bunga, dan buah yang berjatuhan menjadi mulsa dan pupuk hijau yang baik.

siapa yang menyangka ternyata pohon ini punya manfaat dan khasiat untuk kesehatan, Selain digunakan untuk sayuran turi juga bermanfaat sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit seperti Disentri, Buang air besar darah, Mencret, Diare, untuk penyembuhan luka, untuk mengobati luka memar dan Bengkak-bengkak, Radang usus, Cacar air, kesleo, Batuk, Beri-beri, Keputihan, Membantu produksi ASI, Radang tenggorokan, Sakit kepala, dan Rematik.

 

Biasanya masyarakat mengolah Daun, bunga dan biji ketika masih muda sebagai lalapan. Lalapan ini baik sekali untuk ibu menyusui karena dapat menambah ASI. Bunganya banyak digunakan sebagai sayuran campuran pecel. bahkan polongnya juga bisa dimakan.

Berikut Kandungan senyawa kimia tumbuhan turi

Getah Turi : Getah turi mengandung zat pewarna utama yaitu agatin dan zantoagatin.

Biji : Biji turi Mengandung protein 70%.

Daun : Daun turi mengandung saponin.

Bunga : Bunga turi mengandung konten bunga variable dan merupakan sumber vitamin B.

Akar : Akar turi mengandung bahan aktif yang bersifat anti turbekolosis terhadap bakteria.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY