Serunya Melihat Keunikan Suku Dayak Indramayu

276

Demosmagz.com – Barangkali jika sobat mendengar kata Dayak, yang pertama kali terngiang di pikiran sobat adalah sebuah suku dipedalaman Kalimantan. Tapi, ternyata di utara pulau Jawa kita juga dapat menjumpai orang-orang dayak. Tepatnya di kawasan Losarang Kabupaten Indramayu. Disini kita juga dapat bertemu dengan orang-orang Dayak. Akan tetapi patut diketahui juga suku Dayak Segandu ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan suku Dayak di Kalimantan.

Dayak Segandu jika dalam bahasa Indonesia berarti mengayak Pribadi. Dayak Indramayu ini diprakarsai oleh Takmad Diningrat Gusti Alam pada medio 1970. Saat itu dirinya menemukan titik jenuh akan hidup terhadap peraturan pemerintah. Karena itulah suku dayak Indramayu ini memutuskan untuk tidak bersedia mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat. Baik aturan agama maupun aturan pemerintah. Mereka pun tidak punya dan tidak pernah mau punya KTP.

Suku Dayak ini juga sangat mengaggumi Perempuan. Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari para lelaki di Suku dayak menjalankan kegiatan yang dilakukan perempuan seperti memasak, mencuci sampai memandikan anak. Akan tetapi, kewajiban mencari nafkah tetap menjadi tanggung jawab laki-laki di suku ini.

Salah satu yang unik lagi dari suku dayak ini adalah jarang mandi. Bisa dibilang suku Dayak ini mandi hanya seminggu sekali atau bahkan lebih dari sebulan sekali. Jika memang kemudian mandi biasanya mereka melakukan ritual kumkum dengan merendamkan diri di sungai dari mulai menjelang tengah malam hingga delapan jam. Setelah mandi, suku dayak ini akan menjemur dirinya sendiri dibawah matahari. Biasanya mereka berjemur dengan berbaring dan membentuk lingkaran. Ritual berjemur ini disebut mepe. Setelah prosesi kum kum dan mepe selesai. Mereka akan menganggap menjadi orang yang terlahir kembali.

Suku dayak ini tidak pernah memakan binatang atau mahluk hidup lainya. Makanan yang mereka makan sehari-hari adalah sayur mayur. Jika sobat demagz mengunjungi Losarang sangat mudah untuk mengenalinya. Orang-orang suku dayak Indramayu yang laki laki akan selalu bertelanjang dada dan menggunakan celana mengatung dengan warna hitam putih.

Jika sobat hendak kesini untuk melihat langsung uniknya keseharian suku dayak Indramayu. Sobat bisa datang ke Kampung Segandu Desa Krimun Kecamatan Losarang. Sekitar satu setengah jam dari Kota Cirebon. Tenang walau terlihat hidup tertutup, ternyata orang orang dayak Indramayu ini sangat ramah dengan orang asing yang datang berkunjung. Jika datang biasanya orang asing akan diajak ke pendopo berbentuk semi kubah yang menjadi bangunan utama di kampung mereka. Sepertinya seru bukan menghabiskan libur weekend dengan berkunjung ke suku dayak indramayu?(Wildan)

Baca Juga :

Sensasi Keindahan Tenjo Laut Dari Kuningan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY