Sering Mabuk Perjalanan? Begini Cara Mencegahnya

231

 

Demosmagz.com – Pernahkah sobat demagz mengalami sakit perut, mual, pusing, berkeringat dingin, bahkan  muntah saat perjalanan jauh? Hal tersebut merupakan mabuk kendaraan atau kinetosis. Hal demikian tentu saja akan mengganggu perjalanan sobat, apalagi jika pergi bersama teman dan rekan lainnya.

Dalam dunia medis, mabuk kendaraan bermula dari tidak sinkronnya antara sistem syaraf otak yang merupakan pusat segala tindakan, kemudain bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh yang biasa disebut proprioceptors. Ketika di dalam mobil misalnya, sobat hanya fokus pada layar hanpdhone, ketika itu konsentrasi otak hanya menangkap objek yang didapat oleh mata tanpa mengetahui adanya pergerakan, dan secara bersamaan telinga bagian dalam akan merespon gerakan dan suara mesin kendaraan lalu menuju ke otak. Ketidakseimbangan informasi yang diterima oleh otak itulah yang menyebabkan terjadinya mabuk kendaraan.

Namun, secara sederhana, orang menganggap penyebab terjadinya mabuk kendaraan karena mencium bau tajam asap rokok atau parfum. Selain itu, didalam mobil atau bis tidak banyak menyimpan oksigen.

Demi menghindarinya, sobat demagz bisa megikuti cara-cara dibawah ini sebagai pencegahan mabuk kendaraan, diantaranya :

  1. Pastikan tubuh sobat demagz sehat
  2. Hindari makan terlalu banyak, pedas, berminyak, dan beraroma kuat seperti ikan
  3. Seringlah memakan makanan ringan dan rendah lemak. Sobat demagz juga bisa membawa camilan hambar yang terbuat dari tepung misalnya roti kering, biskuit asin, dan pretzel.
  4. Minum air putih dengan cukup, tidak apa jika minuman tersebut mengandung soda atau kafein, tetapi jangan meminum susu.
  5. Banyak mengkonsumsi jahe. Misanya berupa permen jahe, manisan jahe, pil jahe, kue jahe dan lainnya.
  6. Bawa juga permen mint dan karet, karena akan membantu tubuh memproduksi air liur dalam jumlah yang lebih banyak sehingga mampu menetralkan asam lambung.
  7. Persiapkan obat-obatan seperti aroma terapi dan sejenisnya.
  8. Saat perjalanan, pastikan mata selalu fresh dengan melihat-lihat jalan, jangan fokus pada handphone atau membaca buku.
  9. Fokuskan mata anda pada cakrawala, pada titik visual yang ada di depan. Dengan melihat ke luar bagian depan mobil, carilah titik stabil pada cakrawala di suatu tempat kejauhan, misalnya gunung, pohon, gedung, atau titik di angkasa.
  10. Bersikap tenang, hiruplah oksigen dengan cukup dari jendela.
  11. Beristirahat untuk meregangkan kaki.

Apabila sudah terlanjur mengalami gejala mabuk perjalanan, sobat demagz sebaiknya segera menghirup udara segar , oleskan minyak kayu putih atau aroma therapy  pada leher dan kening. Apabila muntah, bersihkan sisa muntahan. Minumlah larutan herbal seperti minuman jahe.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY