Semua Sekolah Haruslah Favorit, Ini Dia Peraturan Baru dari Kemendikbud

114

Demosmagz.com – Banyak opini masyarakat yang menganggap“itu sekolah favorit” ketika memasuki tahun ajaran baru hingga banyak siswa berburu kursi di sekolah itu-itu saja.Bahkan ada orang tua yang berambisi dan berupaya dengan berbagai cara agar anaknya dapat bersekolah di tempat yang berlabel favorit, sampai-sampai jarak tidak menjadi penghalang baginya. Artinya, meskipun sekolah tersebut jauh sekalipun.

Dampaknya, sekolah yang di anggap tidak favorit kekurangan pendaftar. Untuk itu, Kemendikbud mengeluarkan sebuah peraturan, dilansir dari tirto.id, “Pemerintah akan mengubah sistem penerimaan siswa baru yang semula menggunakan NEM atau grade menjadi berdasarkan zonasi, sehingga semua sekolah baik negeri maupun swasta wajib untuk menerima murid-murid baru yang masuk dalam radius zonasinya.”

Sistem zonasi bertujuan untuk mencegah mayoritas calon siswa yang mendaftar di sekolah-sekolah favorit padahal jauh dari tempat domisilinya.

“Semua sekolah sekarang harus jadi favorit, dengan cara zonasi itu dapat mengatasi timbulnya sekolah-sekolah favorit,” kata Muhadjir.

Penerapan ini akan diberlakukan pada tahun ajaran baru 2017/2018, sistem tersebut memberlakukan bahwa tidak boleh ada siswa di dalam zona itu yang tidak diterima, apalagi memakai tes.

Lanjutnya, penerapan sistem zonasi tersebut melibatkan kepala sekolah SD hingga SMA dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), karena akan ada penetapan kuota masing-masing sekolah di zonanya.(Ade)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY