Seluruh Perwakilan Keraton se-Indonesia Bakal Datang Ke Cirebon, Ada Apa?

40

Dalam waktu tak lama lagi Kota Cirebon akan punya hajat besar. Sebuah event paling akbar tahun ini untuk si Kota Udang. Bagaimana tidak? Pada tanggal 15 September 2017 mendatang. Cirebon akan menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara? Apa itu Festival Keraton Nusantara? Acara tersebut adalah sebuah festival dwi tahunan yang selalu diselenggarakan oleh Kerajaan-Kerajaan se Indonesia. Dan tahun ini, Cirebon diberi amanah untuk menjadi tuan rumah.

Nantinya acara akan dihelat pada tanggal 15 hingga 18 September mendatang dan akan melibatkan 150 keraton se Indonesia. Ya, seluruh perwakilan dari Kerajaan-Kerajaan se nusantara akan hadir di Cirebon. Baik Raja, ataupun delegator dari setiap kerajaan akan hadir. Perkiraan sebanyak 10 ribu orang akan turut menyemarakkan event keraton paling bergengsi ini.

Nantinya akan ada banyak acara yang akan digelaran dalam FKN ke 11 ini. Salah satu yang pasti adalah Kirab Agung yang akan menampilkan keunikan dan kekerenan dari masing-masing Kerajaan. Selain itu pula, akan ada pagelaran seni yang akan ditampilkan oleh masing-masing keratin peserta FKN 2017. Karena jumlahnya yang sangat banyak, maka pagelaran seni tersebut akan dibagi di tiga tempat. Di keraton kanoman, keraton kacirebonan dan juga taman air gua sunyaragi. Direncanakan juga aka nada pagelaran tari topeng Cirebon yang akan dimainkan secara kolosal. Wah seru banget!

Jika ditilik sejarah. Ini adalah kali kedua Cirebon jadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara. Sebelumnya, pada tahun 1997 Cirebon juga ditunjuk sebagai tuan rumah FKN yang kala itu baru menginjak edisi ke dua. Sebetulnya, FKN ini berawal dari sebuah Festival Keraton  yang hanya diselenggarakan di Jawa saja. Namun pada tahun 1995, mulai lah dibuka, Festival keraton tak hanya untuk keraton ataupun kerajaan yang ada di Jawa saja. Melainkan juga keraton dan kerajaan yang ada di sekujur nusantara

Direncanakan Presiden Jokowi dan beberapa menteri juga akan turut hadir serta menyemarakan FKN yang tahun ini diprediksi akan menyedot banyak antusiasme warga. Bukan hanya warga Cirebon tapi juga dari wisatawan daerah lain. Selain itu, akan ada juga tamu dari mancanegara. Malaysia dan Brunei Darusalam sudah bersedia untuk hadir dalam FKN ke 11 tahun 2017 ini. Jadi, ayo sukseskan, ayo semarakan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY