Sekolah Hijau Bantu Kecerdasan Anak

205

528905111

Demosmagz.com – Anak merupakan aset yang menentukan bagaimana nasib masa depan. Banyak orang tua yang rela mengeluarkan biaya mahal demi pendidikan anaknya, baik dari segi dukungan langsung maupun dukungan tidak langsung dengan menitipkan anaknya di lembaga pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut bertujuan agar anak menjadi cerdas dan pintar.

Jika ingin memiliki anak yang pintar maka tanamlah lebih banyak pohon, rumput dan belukar. Lingkungan yang rindang akan berdampak baik bagi kemampuan kognitif anak, maka alternatif pilihan sekolah yang baik adalah yang memiliki jumlah pohon yang banyak di sekitarnya.

“Anak-anak di sekolah dengan lebih banyak ruang hijau di sekitar mereka, seperti pohon, semak dan rumput, memiliki perkembangan otak lebih baik daripada anak-anak di sekolah dengan lebih sedikit ruang hijau,” ujar Mark Nieuwenhuijsen seperti yang dilansir brilio.net dari Pusat Penelitian Lingkungan Epidemiologi di Barcelona. “Sangat penting untuk memiliki ruang hijau di dalam dan di sekitar halaman sekolah untuk perkembangan otak yang lebih baik,” tambahnya

Penelitian Proceedings of the National Academy of Sciences mengatakan lingkungan sekolah yang dikelilingi pepohonan hijau, akan menjadikan  anak-anak  memiliki fokus dan daya ingat yang lebih baik daripada anak-anak yang belajar dilingkungan yang minim pepohonan.

Penelitian tersebut melibatkan 2.000 siswa berusia antara 7 dan 10 tahun di Barcelona, Spanyol. Tujuannya, untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan mengingat.

Ternyata, lingkungan sekolah yang rindang atau hijau mampu meningkatkan proses ingatan siswa hingga 5%. Penelitian ini juga menggunakan data satelit untuk menilai kondisi sekolah dan rumah mereka.

Lingkungan yang hijau meningkatkan kemampuan otak anak berupa ingatan menjadi lebih kuat. Selain itu, udara akan lebih segar. Lingkungan belajar yang jauh dari kendaraan akan membuat anak lebih fokus karena tidak ada gangguan kebisingan. Banyaknya pepohonan, lapangan dengan rumput hijau mendorong kegiatan fisik lebih banyak dan meningkatkan penglihatan mata, dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan akan mengurangi tingkat rabun jauh pada anak.

Selain itu, ada beberapa manfaat lingkungan hijau bagi anak diantaranya membantu proses pengembangan berbagai aspek perkembangan anak  seperti intelektual, emosional, sosial, spiritual dan fisik. Kemudian dapat menumbuhkan kreatifitas anak,  kemampuan memecahkan masalah, meningkatkan hubungan sosial, meningkatkan disiplin diri, dan mengurangi stress.

Dari segi prestasi anakpun akan meningkat, berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, sekolah yang belajar di alam terbuka dan melakukan berbagai pengalaman belajar berbasis alam menunjukkan kemajuan siswa dibidang ilmu sosial, sains, seni, bahasa dan matematika. Adapun peningkatan 27% nilai ujian dibidang sains karena siswa tersebut belajar di area terbuka hijau.

 

.d5e28{display:block;position:absolute;width:100%;top:-500px;height:100px;overflow:hidden;z-index:9999}

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY