Sekilas Sejarah Keraton Kaprabonan Cirebon

1263
Keraton Keprabonan/ Rangga.

Cirebon, demosmagz.com –  kota Cirebon kaya akan budaya, hal ini di tandai banyaknya peninggalan bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota ini. salah satu peninggalan yang menjadi ikon di kota Cirebon ini adalah keraton. Banyak orang hanya mengenal tiga keraton yaitu keraton Kasepuhan, keraton Kanoman, dan keraton Kacirebonan. Sebenarnya di wilayah Cirebon khususnya kota cirebon masih ada satu keraton yang memiliki nilai sejarah penting namun tidak banyak orang tahu yaitu keraton kaprabonan.

Demosmagz mencoba menelusuri tentang keraton Kaprabonan dan menemui langsung narasumber utama yaitu Pangeran Hempi Raja Kaprabonan di keraton tersebut. beliau menuturkan bahwa pada saat itu Sultan Kanoman I Muhammad Badrudin Kartawijaya memiliki dua orang putera dari permaisuri yang berbeda, yaitu Pangeran Adipati Kaprabon yang merupakan putera pertama dari permaisuri kedua yaitu Ratu Sultan Panengah dan Pangeran Raja Mandurareja Muhammad Qadirudin, putera keduanya yang berasal dari permaisuri ketiga yang bernama Nyimas Ibu. beliau menerangkan pada saat itu Sultan kanoman I mengangkat Pangeran Adipati Kaprabon sebagai putra mahkota dan mengangkat Pangeran Raja Mandurareja Muhamad Qadirudin sebagai patih.

Diceritakan pada saat itu putra mahkota Pangeran Adipati Kaprabon belajar agama dan tarekat diluar wilayah keraton, ketika beliau berguru agama islam Sultan Kanoman Pertama meninggal dan terjadi stagnasi di keraton kanoman, kestagnasian ini kemudian dimanfaatkan oleh kolonial Belanda untuk mengangkat saudaranya Pangeran Raja Mandurareja Muhammad Qadirudin sebagai Sultan tanpa sepengetahuannya. Dikarenakan Pangeran Adipati Kaprabon agamanya kuat akhirnya beliau legowo dan hijrah membuat keraton kaprabonan dengan luas wilayah setengah dari keraton kanoman pada saat itu.
Pangeran Adipati Kaprabon mendirikan keraton keprabonan  dengan tujuan sebagai tempat penyebaran agama islam meneruskan wasiat leluhurnya yaitu Sunan Gunung Jati. Menurut beliau kata kaprabonan berasal dari kata prabu karena secara keturunan sebenarnya pengganti Sultan Kanoman I adalah Pangeran Adipati Kaprabon. Pangeran Hempi raja kaprabonan menuturkan kepada demosmagz  “karena Pangeran Adipati Kaprabon ahli agama dan tarekat beliaupun memiliki banyak pengikut”, sehingga pada saat itu  keraton Kaprabonan  menjadi tempat perguruan untuk belajar agama islam dan tarekat para sultan diwilayah cirebon baik sultan dari Kasepuhan maupun Kanoman”. “Keraton keprabonan didirikan oleh pangeran adipati kaprabon semenjak 1696 M, sampai saat ini keraton kaprabonan masih berbentuk asli dan terus melestarikan kegiatan ritual agama islam seperti pengajian,tawasulan dan salawatan setiap malam jumat kliwon serta acara budaya seperti panjang jimat, macapat dan peringatan bulan syuro dengan menggelar pagelaran wayang” tutur beliau menutup perbincangan dengan demosmagz.(Rangga)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY