Saluran Pembuangan Air Yang Tidak Jelas Sebabkan Cirebon Rawan Banjir

639

Cirebon demosmagz.com – Curah hujan yang tinggi di kota Cirebon mengakibatkan beberapa daerah terkena banjir. daerah Cipto terusan pemuda dan tentara pelajar menjadi langganan jalan yang tergenang apabila terjadi hujan deras lebih dari satu jam. berdasarkan penjelasan Bapak Danhari SH selaku  Kepala Kantor Badan Penaggulangan Bencana dan pemadam kebakaran  kota cirebon, beliau menjelaskan kepada demosmagz.com genangan banjir yang sering terjadi jalan jalan utama di kota Cirebon dikarenakan pembuangan air dari jalan menuju saluran tidak jelas.

“Ternyata setelah dicek ada beberapa pembuangan air dari jalan raya yang tidak jelas, lubang pembuangan yang ada dijalan raya banyak yang tidak sampai kepada saluran air bahkan dibeberapa titik tidak ada”Jelas Beliau.

Beliau juga menghimbau kepada seluruh elemen baik pemborong dan dinas terkait PU untuk saling berkoordinasi mengenai pembangunan trotoar yang seharusnya mengutamakan kejelasan akan adanya pembuangan air yang jelas akan saluran pembungannya.

”Setelah saya cek ketika ada genangan air di daerah jalan Cipto dan Tentara Pelajar ternyata ada lubang pembuangan air yang tersumbat dan tidak jelas saluran pembuangannya bahkan ada yang tidak ada saluran pembuangannya, oleh karena itu saya mohon koordinasi terhadap dinas terkait yaitu PU untuk selalu memperhatikan pembungan air dalam pembangunan jalan maupun trotoar yang sedang dilakukan saat ini”.

Sedangkan untuk daerah pemukiman yang rawan tergenang air banjir menurut beliau diakibatkan banyaknya endapan tanah dan sampah di sungai,seperti didaerah Kali Jaga Pegambiran serta Perumnas.

“Kondisi endapan sungai dan saluran air yang mendangkalkan harus menjadi perhatian dinas terkait baik PU kota maupun Provinsi agar segera dikeruk demi pencegahan banjir dikota cirebon, kami berupaya cepat tanggap untuk pencegahan banjir, tim kami apabila intensitas hujan deras lebih dari satu jam langsung turun kelapangan untuk mengecek kondisi dan melakukan upaya-upaya teknis agar air cepat surut”. Tambahnya.

Beliau juga menghimbau agar masyarakat untuk memperhatikan kebersihan saluran-saluran air dan tidak segan segan untuk menjaga kebersihannya. “Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengurung atau menutup lubang pembuangan dan saluran air di jalan raya, karena bagaimanapun partisipasi seluruh elemen dalam menjaga kebersihan lingkungan menjadi kunci terciptanya wilayah kota yang nyaman dan aman dari potensi bencana seperti banjir”. tutur beliau menutup perbincangan dengan demosmagz.com(Rangga)

Baca Juga : Hujan Deras, Sejumlah Desa di Cirebon Timur Tergenang Banjir

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY