Rumah Kreatif , Wadah Berkumpul Seluruh Komunitas Cirebon

864

Cirebon, Demosmagz.com – Kegiatan silaturahmi komunitas nusantara 2016 yang diselenggarakan secara pribadi oleh Eddy Soeparno berlangsung pada selasa(16/8) di Bangi Kopitiam Cirebon bersama komunitas terang sore Cirebon.

Bertemakan “mendorong kreatifitas, menunjung kebhinekaan, dan memperkokoh demokrasi” dengan tujuan untuk menampung aspirasi anak muda dengan pokok diskusi ekonomi kreatif. Gagasan ini lahir dari bagaimana generasi muda yang memiliki kepedulian tinggi, tentang pemahaman trend di dunia usaha, dan perkembangan IT yang pesat. Maka, kegiatan ini merupakan wadah untuk menyalurkan aspirasi bagi generasi muda yang memiliki semangat untuk berkembang dan berkreasi di bidang industri kreatif.

“Kreatifitas, kebhinekaan, dan demokrasi, tiga kata itu merupakan tema yang aktual dan banyak diminati dan dicari namun masih belum tau kemana harus disalurkan.” Ucap Eddy Soeparno saat diskusi berlangsung.

Pemuda kita kreatif semua, kreatifitas ini tidak boleh dihentikan karena tidak memiliki sarana yang memadai. Misalnya pada kebanyakan anak muda yang duduk lama di suatu kafe untuk mengincar wifi gratis tanpa peduli rasa makanan dan minuman. Wifi merupakan salah satu sarana, sebagai wadah untuk mengekspresikan diri adalah dengan adanya sarana. Selain itu, sarana juga menjadikan kita untuk lebih menciptakan kreasi-kreasi baru.

Pertumbuhan Cirebon cukup membanggakan dibanding kota-kota yang ada di Jawa Barat bahkan pulau Jawa . Menurutnya setelah mengikuti program safari, Cirebon jauh lebih maju, lebih progresif, kreatifitas pemuda Cirebon tidak kalah dari kota lain, mungkin fasilitasnya masih kurang.

Adapun kontribusi yang diberikan secara pribadi oleh Eddy Soeparo ialah akan didirikannya rumah kreatif di Cirebon, tepatnya di jalan kalibaru utara. Rumah kreatif tersebut dijadikan sebagai tempat berkumpulnya komunitas-komunitas di Cirebon dengan disediakannya Wifi gratis, makanan ringan dan minuman, meja dan kursi.

“Tanah sudah ada, rencana bangunan akan 2 lantai, dan gratis untuk komunitas-komunitas di Cirebon sebagai wadah untuk berkreatifitas. Mudah-mudahan bisa dinikmati dan menjadi nilai tambah bagi saudara-saudaraku di Cirebon dan sekitarnya.” Ujarnya.

Menyatukan komunitas-komunitas memanglah tidak mudah, diperlukannya kerjasama secara mendalam agar terjalin kebersamaan yang harmonis. Menurut Eddy Soeparo buat saja program yang menghadirkan komunitas-komunitas untuk saling mengenal serta buat acara menarik, nantinya ia akan membantu mencarikan sponsor.

Diskusi melalui silaturahmi komunitas nasional yang rencananya akan berlangsung dibeberapa kota, seperti sebelum ke Cirebon sudah dilaksanakan di Surabaya, kemudian berikutnya Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Makasar.

“Sedikit kontribusi dari saya selanjutnya, melalui silaturahmi komunitas nasional ini, untuk mendapatkan masukan-masukan, dan kemudain saya bawa atau bicarakan ke tingkat nasional baik langsung atau tidak langsung , ini merupakan sarana sebagai penyaluran aspirasi.” Ujar Sekjen PAN.

Komentar dari Nisa Rengganis, salah satu penggiat komunitas satra dan terang sore mengatakan bahwa acara silaturahmi komunitas nusantara sudah bagus karena bisa mengumpulkan komunitas-komunitas untuk sharing. Akan tetapi, acara yang dilaksanakan 16 Agustus 2016 tersebut tidak diikuti oleh semua komunitas-komunitas di Cirebon. Hanya dihadiri oleh perwakilan saja. Ia juga berharap rumah kreatif yang diberikan oleh Eddy Soeparno menjadi basecamp nya anak-anak komunitas.

“Pak Eddy mau memberikan konsen kepada anak muda, di Cirebon kenakalan dan tingkat kriminalitas oleh anak muda cukup tinggi, harapannya rumah kreatif bener-bener menjadi basecamp nya komunitas, bukan hanya satu atau dua komunitas saja. Semoga bisa menjadi rumah bersama.”

Akan tetapi, komunitas-komunitas di Cirebon sudah terbentuk cukup lama, pergerakannya sudah hadir lebih dulu sebelum negara ikut andil. Meskipun tidak ada fasilitas dari negarapun tetap eksis sesuai segmennya.

“komunitas di Cirebon sudah hadir lebih dulu sebelum negara ikut andil, tidak ada fasilitas inipun mereka tetap jalan, mereka patungan, dan punya program-program yang bagus dan sudah terlaksanan.” Ucap Nisa Rengganis.(ade)

2 KOMENTAR

  1. Selamat siang, saya anisah. Saya ingin bergabung dalam organisasi ini apakah boleh ? Bagaimana caranya ? Alamat lengkapnya di mana ya ?

LEAVE A REPLY