Rendang, Makanan Terelezat di Dunia dan Filosofinya

182

Demosmagz.com – Salah satu yang khas dari negeri ini adalah prihal kulinernya. Kita semua tahu, bahwa Indonesia tak pernah kehabisan resep makanan khas tradisional yang siap menggoyang lidah siapapun. Dari Sabang sampai Merauke, tiap jengkal negara ini menyimpan kearifan mengenai kuliner di masing-masing daerah. Namun, ada satu makanan yang kelezatannya sudah teruji di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Dan dapat kita temui di hampir seluruh kota di Indonesia.

Rendang. Makanan khas orang Minang, nampaknya semua sepakat jika Rendang memang makanan dengan cita rasa tinggi. Apalagi statusnya yang termasuk kedalam masakan di rumah makan Padang. Membuat kita dapat menemui sajian berbahan dasar olahan daging sapi ini dimanapun kita berada.

Salah satu yang menarik dari Rendang adalah ketika CNN salah satu media kenamaan asal Amerika, membuat survei tentang makanan paling lezat di seluruh dunia. Menariknya Rendang dari Indonesia ini mendapat nilai tertinggi dan diakui sebagai makanan paling enak di dunia! pengakuan tersebut di cetuskan CNN pada 2011 lalu. Selain rendang makanan khas Indonesia lainnya yaitu Nasi Goreng menempati posisi ke dua sebagai makanan paling nikmat di seantero jagat raya.

Kembali ke Rendang Padang. Kita semua tahu bahwa masakan ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa. Bumbu-bumbu olahan dari rempah khas Indonesia, menjadi senjata andalan mengapa Rendang dapat memiliki rasa yang dapat membuat siapapun ketagihan untuk terus mencicipinya. Akan tetapi segala kenikmatan yang kita dapatkan dari Rendang ternyata di proses dengan tidak mudah.

Tahukah sobat demagz, jika untuk menghasilkan Rendang yang enak dan lezat juga memiliki kualitas yang tinggi. Dibutuhkan waktu sekitar delapan hingga sepuluh jam. Tentu waktu tersebut akan menjadi lebih lama lagi apabila kita menggunakan metode tradisional memasak Rendang seperti yang orang-orang dulu dari Sumatera Barat lakukan.

Selama delapan hingga sepuluh jam, api yang digunakan untuk memasak rendang tak boleh terlalu besar, ini agar daging dapat matang dan sekaligus menjadi empuk dengan tanpa membuat gosong kuah dan bumbu. Dalam proses memasak, sobat juga harus terus mengaduk rendang setidaknya hingga santan mengental juga mengering. Selain itu kita juga tetap harus terus membolak balikan daging rendang agar bumbu meresap sempurna.

Rendang sendiri memiliki banyak macam jenis, seperti renang kering. Rendang yang satu ini disebut rendang yang paling nikmat sebab dimasak dengan penuh kesabaran dan ketelitian. Biasanya rendang ini disajikan di acara-acara besar orang minang. Lebih istimewa lagi, makanan satu ini bisa bertahan hingga satu bulan lamanya jika ditaruh di lemari es. Selain rendang kering ada pula rendang basah(kalio). Rendang jenis ini yang sering kita jumpai di banyak rumah makan padang. Rendang ini biasanya dibuat dengan waktu yang lebih singkat dengan santan dan bumbu yang belum meresap sempurna.

Begitulah memasak rendang, Sang makanan terlezat didunia. Bahkan sebetulnya di masyarakat minang sendiri, rendang memiliki filosofi musyawarah mufakat yang berangkat dari empat bahan pokok yang wajib ada dalam membuat rendang. keempat bahan tersebut adalah daging sapi yang melambangkan pemimpin suku adat, lalu ada kelapa yang melambangkan kaum intelektual , kemudian ada cabai yang melambangkan ulama serta bumbu yang menjadi ikon dari seluruh masyarakat Minangkabau.

Sudah mulai lapar? silahkan pergi ke rumah makan padang terdekat, dan cepat-cepat menyantap sajian rendang. Andalan orang minang, kebanggan Indonesia yang di cintai dunia.(Wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY