Ratusan Masyarakat Meriahkan Kirab Panembahan Losari

400

Cirebon, demosmagz.com – Tiga keraton yang ada di wilayah Cirebon hadir dan turut menyukseskan sebuah kirab budaya yang dilangsungkan di kecamatan Losari Brebes Jawa Tengah. Tiga Keraton tersebut adalah keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kaprabonan. Walaupun tiga sultan dari tiga keraton diatas berhalangan hadir namun tidak mengurangi antusiasme warga yang hendak menyaksikan Kirab budaya Panembahan Losari ini.

Ada ratusan orang yang rela berdesak-desakan untuk melihat bagaimana kirab berlangsung. Dalam kirab ini turut diperlihatkan pula kereta khas dari keraton kanoman kereta paksi Nagalima dan keraton Kasepuhan kereta Singa Barong dipertontonkan sehingga begitu banyak warga mengerubutinya.

Patut diketahui bahwa Panembahan Losari lah sang maestro yang dengan jenius merancang dan membuat kereta singa barong kebanggan keraton Kasepuhan.

“Karena itulah kita bawa kesini keretanya agar dekat dengan sang pembuatnya. Dan sangat scientific seorang panembahan losari itu” ujar Haji Tosin ketua yayasan sunan gunung jati sekaligus mewakili Sultan sepuh yang berhalangan hadir.

Dalam kirab yang berlangsung sejak Pagi itu juga di hadiri oleh Bupati Brebes Idza Prianti yang pada arak-arakan mendapat kesempatan untuk menaiki kereta singa barong.  Selain itu, dalam acara ini ada juga arak-arakan miniatur kuda dan miniatur unta serta tak ketinggalan yang paling ditunggu oleh masyarakat ialah arak-arakan gunungan hasil bumi dan buah-buahan.

Terdapat tiga gunungan yang nantinya bakal diserbu oleh ratusan orang yang menyaksikan kirab ini. patut di ketahui pula bahwa kirab ini bukan yang pertama, sebab dari tahun ketahun keraton yang bekerjasama dengan kecamatan setempat berupaya untuk terus mengadakan kirab ini agar kelestarian budaya tetap terjaga.(wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY