RAM Android Cepat Penuh? Begini Tips Agar Android Tidak Lemot

383


Demosmagz.com – Pernah memakai smartphone android serasa lemot? jika dilihat secara umum hal tersebut terletak pada masalah RAM nya. Penggunaan smartphone yang saat ini fungsinya semakin beragam memang harus ditunjang dengan kemampuan RAM yang handal. Ketika pengguna android memakai aplikasi banyak dalam waktu bersamaan (multitasking) saat itulah RAM bekerja dengan kekuatan penuh, tapi RAM bekerja dengan sesuai kapasitasnya.

Saat ini penggunaan RAM dengan kapasitas 1GB sudah sedikit bisa dikatakan lega, untuk pemakaian standar RAM termakan sekitar 65% oleh sistem dan aplikasi. Maka dari itu demosmagz akan memberikan tips menjaga agar ram tidak cepat penuh dan dapat sobat demagz praktekkan.

  1. Cari dan Hapus Aplikasi yang Jarang di Pakai

Kenapa aplikasi dihapus? Alasannya karena aplikasi tersebut jarang dipakai atau tak pernah digunakan dan hanya mengambil beberapa ruang dalam memory , lalu untuk apa anda pertahankan aplikasi tersebut? Alasan lainnya karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada gadget Android akan mengakibatkan RAM penuh.

  1. Bersihkan Cache dan Data Secara Berkala

Gadget Android apabila digunakan dengan waktu yang lama, cache juga akan bertambah dengan seiringnya waktu. Untuk itu, anda harus membersihkan cache secara berkala. Caranya, masuk ke dalam setting lalu pilih storage dan clear data. Ini bisa dilakukan di setting – penyimpanan data – cari cache yang ingin dihapus.

  1. Hentikan Aplikasi Yang Tidak Perlu / Tidak Sedang Digunakan

Langkah ini diambil untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan, Caranya silahkan masuk ke Setting kemudian buka Apps, lalu pilih Running. Disana anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Untuk cara memastikannya, cukup buka kemudian klik Stop untuk mematikan aplikasi tersebut.

  1. Gunakan Aplikasi RAM Manager

Cari aplikasi RAM manager yang sudah teruji fungsinya, karena ketika kita salah menginstall ram manager malah justru aplikasi tersebut yang akan membuat RAM penuh dan smartphone anda lemot. Berikut rekomendasi dari demosmagz untuk mendownload RAM manager. RAM Manager tersedia dalam versi gratis dan pro. Berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM android sesuai kebutuhan. Beberapa profil yang tersedia antara lain more free memory untuk optimanisasi memori lebih banyak, balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan sehari-hari, multitasking mode untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus, sampai mode hard gaming untuk penggunaan game berat.(Reja)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY