Racun VX Nerve Senjata Pemusnah Masal Yang Membunuh Kakak Tiri Pemimpin Korea Utara

162

Demosmagz.com – Belum lama ini dunia digemparkan dengan pemberitaan pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri dari pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, di Malaysia. Menurut investigasi otoritas setempat menyatakan bahwa Kim Jong-nam kemungkinan tewas akibat racun sangat berbahaya bernama “agen saraf VX.”

Pernyataan Khalid itu berdasar dari laporan awal dari Departemen Kimia Malaysia terkait dengan kematian Jong-Nam. Dia menyebut hasil analisis menunjukkan racun itu diambil dari usapan selaput lendir mata dan muka.

Racun yang memiliki nama kimia methylphosphonothiolate ini bekerja cepat dalam melumpuhkan sistem saraf manusia. Tak berselang lama, racun ini akhirnya melenyapkan nyawa manusia. VX Nerve merupakan salah satu racun paling mematikan di dunia. Ketika terhirup, racun ini menyebabkan enzim-enzim vital dalam tubuh berhenti bekerja sehingga membuat tubuh lelah karena tidak mampu lagi bernapas. Dalam bentuk gas, menghirup racun VX Nerve dapat menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit. VX nerve juga bisa digunakan dalam bentuk cairan yang bisa dicampurkan ke makanan atau suplai air.

Menariknya racun VX berupa cairan tidak berwarna dan tidak berbau yang mampu mengganggu sistem saraf tubuh dan digunakan sebagai racun saraf dalam perang kimia. VX digolongkan sebagai senjata pemusnah massal (weapon of mass destruction, WMD) sesuai dengan Resolusi DK PBB 687.

VX nerve biasanya digunakan untuk bahan senjata kimia, VX dan bahan Nerve Agents diduga juga digunakan selama perang Iran-Iraq tahun 1980an. Pada tahun 2015, VX ditemukan dalam penelitian militer di Syria dan menjadi senjata berbahan kimia yang diawasi. Senjata ini digunakan di Syria dan membunuh ratusan orang dalam serangan di tahun 2013, dan juga dalam serangan Tokyo tahun 1995.

Meski begitu, penawar racun VX sudah tersedia dan sebaiknya diberikan sesegera mungkin setelah paparan terjadi. Di kutip dari berbagai Sumber, (kahar)

Baca Juga :

Kenali Penyebaran DBD Serta Cara Ampuh Menanganinya

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY