Program Literasi Dinas Pendidikan Masih Sentuh 35% sekolah di Cirebon

261
Kantor dinas pendidikan Cirebon

Cirebon, demosmagz.com – Demi terwujudnya generasi yang gemar membaca, Dinas Pendidikan kota Cirebon sedang mengembangkan program Gelem maca atau Cirebon Leader Reading Challenge (CLRC).  Program tersebut memang sudah dicanangkan oleh pemerintah pusat kemudian provinsi Jawa Barat dengan programnya bernama West Java Leader Reading Challenge (WJLRC).

Adapun tantangan dari program tersebut ialah membaca buku sebanyak 24 dalam satu tahun. Tepat 2 Mei 2017 mendatang, pelajar yang sudah ditunjuk sebagai pioner yang baru dilaksanakan dibeberapa sekolah akan mendapatkan dua penghargaan, pertama dari pemerintah kota Cirebon dan kedua dari pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Sebelumnya ada program membaca bersama selama 30 menit, kemudian adapula tantangan membaca buku sebanyak 24 buku selama setahun, nanti akan ada penghargaan bagi yang telah memenuhi tantangan dari pemerintah kota dan pemerintah provinsi, selanjutnya penghargaan akan ditetapkan secara rutin di tanggal 2 Mei agar terlihat proggres-nya.” Ujar Toto Haryanto, Kepala Seksi Mutu Tenaga Pendidik, Dinas Pendidikan kota Cirebon.

Salah satu program Literasi (Gebyar Literasi)

Sebagai pionir dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS), di kota Cirebon baru beberapa sekolah yang dibina. Di setiap sekolah biasanya terdiri dari 2 kelompok yang kemudian dipantau perkembangannya dengan meng-upload review buku yang sudah dibaca di website yang telah disediakan pemprov Jabar.

“Masih 35% sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah yang ada di kota Cirebon, harapannya bisa ke semua sekolah.” Ucapnya.

Dinas Pendidikan secara rutin akan mengadakan perlombaan dalam mengembangkan GLS yakni pada puncaknya di laksanakan setiap tanggal 2 Mei.

Selain perlombaan tersebut, Dinas Pendidikan sudah secara rutin mengadakan lomba-lomba dibidang seni, olahraga, olimpiade mata pelajaran, lomba-lomba tingkat kecamatan, dan lomba-lomba lainnya. Hal tersebut merupakan bentuk dukungan bagi pelajar yang memiliki prestasi di bidang tertentu, kemudian akan dibina dan dibimbing hingga tingkat tertentu, mulai dari tingkat kota hingga tingkat internasional.(Ade)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY