Pola Pemakaian Gadget Dapat Sebabkan Text Neck

214


Demosmagz.comText neck adalah tekanan berlebihan disekitar leher karena terlalu lama menunduk atau menekuk leher kebawah akibat penggunaan ponsel atau gadget. Gadget adalah salah satu penyebab daripada syndrome text neck ini. Posisi dagu yang hampir menyentuh dada atau leher dalam waktu yang cukup lama dapat merenggangkan tulang normal.

Seperti yang kita ketahui ketika seseorang bermain game atau chat di smartphonenya,mereka hampir lupa dengan waktu dan tak sadar dengan posisi leher yang menunduk terlalu lama. Bahkan ada istilah ketika kita menunduk menggunakan smartphonenya itu setara dengan memikul 6 bola bowling.

Menurut Dr Kenneth Hansraj, ahli bedah tulang belakang dari New York Spine Surgery & Rehabilitation Medicine New York, dalam kondisi normal, kepala manusia beratnya sekitar 4,5 sampai 5,5 kilogram.

Namun, jika menunduk sebanyak 15 derajat saat menggunakan ponsel, beratnya menjadi 12 kilogram. Beratnya dapat mencapai 27 kilogram jika menunduk pada 60 derajat.

Text neck bisa dicegah dengan cara memberi jeda ketika menggunakan smartphone, sering melakukan stretching atau gerakan-gerakan untuk me refresh leher, dan posisikan smartphone lebih tinggi supaya pemakai tidak menunduk.(reja)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY