Pohon Kelor, Alternatif Bercocok Tanam di Rumah

455

Demosmagz.com – bagi sobat demagz yang masih bingung ingin menanam apa di halaman rumah, maka mungkin bisa mencoba menanam pohon kelor. Tanaman ini disebut-sebut para ilmuan dengan sebutan pohon ajaib.

Seperti di negara Somalia, Etiopia, dan Sudan , penduduknya memiliki tradisi menanam pohon kelor, mereka percaya pohon tersebut merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Biasanya, daun kelor dimanfaatkan sebagai sayuran dan berfungsi untuk menjaga kesehatan. Selain untuk di konsumsi pribadi, daun kelor dapat dijadikan bisnis. Uniknya lagi, pohon ini berguna untuk mencegah terjadinya longsor karena akarnya yang rapat. Kemudian pada musim kemarau akar tersebut bisa menyimpan air sehingga mampu memberikan air untuk tanaman  lain.

Daun kelor yang berbentuk bulat kecil-kecil ternyata memiliki kandungan potasium tiga kali lipat dari pada pisang, juga mengandung kalsium empat kali lipat lebih banyak daripada susu. Kemudian mengandung vitamin A empat kali lebih banyak daripada wortel, dan vitamin C tujuh kali lebih banyak dari jeruk. Juga mengandung protein yang dua kali lipat lebih banyak dari susu. Karenanya, organisasi dunia WHO menobatkan pohon ini sebagai pohon ajaib atau miracle tree.

Daun kelor Selain dikonsumsi sebagai sayuran, adapun manfaat yang bisa di ambil diantaranya untuk mengatasi alergi  dengan meminum air rebusannya. Kemudian dapat mengobati herpes, kurap dan luka bernanah. Caranya dengan menumbuk halus lalu tempelkan pada kulit yang bermasalah. Daun kelor juga dapat mengobati sakit mata, tumbuk tiga gagang daun kelor, tambahkan air satu gelas, aduk dan diamkan sampai mengendap ampasnya. Lalu gunakan sebagai obat tetes. Bagi sobat yang memiliki rematik, pegal linu, dan nyeri, bisa manfaat kan daun kelor dua gagang dan setengah sendok  kapur sirih lalu tumbuk dan oleskan pada tubuh yang sakit. daun kelor juga bisa membantu menghilangkan flek pada wajah dengan menumbuk halus daun kelor yang masih muda lalu oleskan pada wajah.(Ade)

Baca Juga :  Jamblang, Buah Penuh Manfaat Yang Kini di Tinggalkan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY