Peringati HUT RI, Seniman Sinau Art Kritik Lingkungan Cirebon

370


Cirebon, demosmagz.com – Dalam rangka memperingati dirgahayu Kemerdekaan Republik indonesia (RI), masyarakat Indonesia mengekspresikannya dengan berbagai hal yang berbeda di setiap daerahnya termasuk Cirebon salah satunya. Seperti yang dilakukan Sinau Art, mereka memperingati kemerdekaannya dengan cara yang unik, terlihat beda dari biasanya, yaitu melakukan refleksi berupa long march treatikal dengan berpenampilan tradisional.

Melihat aksi yang dilakukan kelompok seniman dari Sinau Art tersebut, akan membuat mata dari para pengguna jalan tertuju pada satu topik. Mereka akan dibawa nostalgia kembali pada zaman kemerdekaan.

“Kita melakukan ini ingin menyampaikan pesan bahwa Indonesia belum merdeka sepenuhnya. Filosofi teatrikal longmarch ini yaitu memberitahu bahwa Keadaan masih sama seperti 71 tahun yang lalu,” Ujar bustomi kepada Demosmagz rabu (17/08).

Aksi ini dimulai dari jalan Perjuangan Kota Cirebon, dan akan berhenti di pusat aksi yang berada di Balai kota cirebon. Dengan kulit yang terbakar sinar terik matahari, tidak mengurungkan niat para seniman muda ini untuk menyampaikan aspirasi dan harapan di hari kelahiran NKRI. “Kami juga menyuarakan bahwa tata ruang di cirebon masih bermasalah. Minim ruang terbuka hijau dan ruang publik, yang artinya tidak seimbang ekologis yang ada,” ucapnya.

Sementara itu, harapan lain juga keluar dari mulut yang bercampur keringat panasnya kota Cirebon yang gersang. Kata dia, jangan hanya membangun, lupa merawat lingkungan.

“Semoga Cirebon khusunya lebih baik lagi. Terutama tidak lupa akan lingkungan dan mensejahterakannya, ” tukasnya. (epri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY