Pemuda Cirebon Gelar Aksi Solidaritas Untuk Perpustakaan Jalanan Bandung

801

Foto : Ara
Cirebon, demosmagz.com – TNI dan kepolisian kembali menuai kecaman dari masyarakat, atas pembubaran terhadap Komunitas Perpustakaan Jalanan pada (20/8) minggu lalu di Cikapayang, bandung. Tindakan dinilai represif tersebut, terjadi saat Komunitas Perpustakaan Jalanan ini sedang menggelar lapak baca buku yang menjadi kegiatan rutin tiap akhir pekan.

Beberapa pemuda dari berbagai komunitas di Cirebon pun turut prihatin atas kejadian tersebut dan ikut menggelar aksi solidaritas atas kasus pembubaran paksa Komunitas Perpustakaan Jalanan oleh aparat. Aksi solidaritas ini berlangsung di Taman Kota Sumber, Kab. Cirebon, Sabtu (27/08).

Aksi solidaritas untuk Perpustakaan Jalanan (perjal) Bandung yang dihadiri berbagai kalangan ini diselenggarakan dengan banyak kegiatan-kegiatan, hingga menjadi pusat perhatian dari pengunjung lainnya di taman kota Sumber.

“Kita seperti dipaksa takut dan parno atas kejadian-kejadian kemarin, maka dalam aksi solidaritas ini selain kita menggelar lapak buku dari siang sampai malam di taman, kita juga buat pohon puisi, perfoming art, main grobak sodor (permainan tradisional) haha seru banget, itu atas dasar kepedulian terhadap terhadap kejadian minggu kemarin di Cikapayan.” Ucap Imam, salah satu penggagas Perpustakaan Jalanan Sumber, Kab. Cirebon (Niskala Senja) .

Menurutnya aksi ini bukan hanya respon solidaritas untuk Perjal Bandung, tapi ini juga merupakan aksi menyatakan hak masyarakat untuk dapat berkumpul dan menggunakan ruang publik sebagai tempat beraktifitas.

“Kita-kita Cuma gak mau dipatah-in, kita semaksimal mungkin turun ke jalan agar minat baca masyarakat sedikitnya meningkat, maka kami sediakan ruang interaktif di ruang publik. Yang kami harap sebenernya gak muluk-muluk, pemerintah agar bisa mengembalikan semuanya sebagaimana fungsinya, seperti ruang publik ya digunakan untuk publik, seperti polisi ya difungsikan sebagai keamanan, bukan malah untuk menggusur begitu pula TNI atau pun Satpol PP”. Lanjut Imam, saat demosmagz.com wawancarai.(ara)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY