Pemerintah Tambah Kuota Penerima Beasiswa Bidikmisi di Tahun 2017

259
Beasiswa bidikmisi

Demosmagz.com – Beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu. Ada dua kabar gembira di tahun 2017 mendatang, diantaranya panambahan uang saku atau biaya hidup bagi mahasiswa yang memperoleh beasiswa bidik misi, dan ada penambahan kuota penerima beasiswa.

Seiring dengan laju inflasi, penambahan tersebut dirasa penting menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir. Selain itu, untuk memotivasi penerima beasiswa untuk lebih semangat belajar.

“Mulai 2017, biaya hidup penerima beasiswa naik Rp50.000 menjadi Rp 650.000 per bulan,” kata Menristekdikti seperti dikutip dari antaranews.

Kenaikan biaya hidup tersebut memerlukan penggeseran anggaran sebesar Rp 800 milyar sampai Rp 900 milyar. Saat ini, total penerima beasiswa Bidikmisi mencapai 360.000. Di tahun 2016, sebanyak 75.000 penerima bidikmisi, pihak Menristekdikti akan menambah kuota menjadi 90.000 beasiswa.

Akan tetapi, peningkatan kuota beasiswa belum bisa ditingkatkan di tiap universitasnya. Hal tersebut dikarenakan adanya penambahan jumlah perguruan tinggi negeri baru yang juga membutuhkan kuota beasiswa.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa tidak mampu yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik dan mengenyam pendidikan di universitas Negeri di Indonesia.(Ade)

Baca juga : Inilah Kesempatan Beasiswa S1 Full Menjadi Pendakwah

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY