Pedesan Entog, Aroma Khas Asal Pantura

281


Demosmagz.com – Bagi sebagian orang, hewan entog barangakali bukan hewan yang di favoritkan untuk di olah menjadi masakan. Aromanya yang terkadang dapat mengganggu dan lebih terasa keras dari daging hewan potong lainya membuat nama entog kurang menjadi makanan yang di idolai banyak orang. Tapi siapa sangka, di dataran Pantai Utara Jawa (Pantura) khususnya di daerah Cirebon, hewan unggas ini malah menjadi makanan khas yang menggiurkan.

Pedesan Entog, ya biasa orang Ciayumajakuning menyebutnya begitu. Dari namanya barangkali sobat demagz pasti menebak makanan yang satu ini akan didominasi dengan rasa pedas. Ya, betul sekali oleh sebab namanya pedesan entog, panganan ini berbahan dasar cabai yang memang banyak.

Makanan ini berbahan dasar entog yang di masak bersama sejumah bumbu-bumbu yang mudah dicari di pasar ataupun warung warung. Bahan makanan seperti cabai, bawang merah, bawang putih, serai, kemiri hingga gula jawa ditumbuk lalu digoreng di penggorengan, setelah bumbu mukai harum, tambahkan air dan masukan entog, lalu biarkan hingga matang dan meresap.

Makanan yang satu ini memang menjadi salah satu makanan khas yang ada di daerah sekitaran Cirebon, meski begitu sobat demagz mungkin agak sedikit kesulitan mencari tempat makan yang menyediakan menu pedesan entog.(wldn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY