Papeda, Makanan Unik yang Berkhasiat Dari Indonesia Timur

145
Papeda (sago congee), Kuah Kuning (yelow soup) and Ikan Tude Bakar (grilled fish) with Dabu-dabu and Rica sambal. The Eastern Indonesian meal. Papeda, the staple food of Easter Indonesia have a glue-like consistency and texture. Waroeng Ikan Bakar, a restaruant specializing in Eastern Indonesian food (Manado, Maluku and Papuan cuisine). Atrium Senen Foodcourt, Jakarta, Indonesia.

Demosmagz.com – Papeda, Nama makanan yang satu ini barangkali tak terkenal di Jawa. sulit di temui di Sumatera dan langka di Bali. Namun makanan ini begitu popular di Papua dan Maluku sana. Seakan menjadi makanan paling khas orang timur. Makanan yang sekiranya menjadi sumber kerinduan akan kampung halaman bagi masyarakat timur yang tengah berjuang di diperantauan. Begitulah papeda. Sederhana namun bikin kangen.

Papeda sebetulnya adalah makanan yang terbuat dari sagu dan berbentuk seperti sagu. Makanan ini lebih sedap lagi jika disajikan dengan ikan tongkol ataupun mubara yang telah dibumbui kunyit. Jangan salah meski terlihat sederhana makanan ini rendah kolestrol dan kaya akan serat. Papeda adalah makanan sehat dari timur Indonesia.

Bagaimana tidak dalam 100 gram sagu yang menjadi bahan dasar terdapat 209 kkal, protein, karbohidrat sampai kalsium dan zat besi. Selain itu dalam tepung sagu juga dapat ditemukan vitamin A juga vitamin B1. Betapa kayanya nutrisi papeda ini.  Berdasarkan kandungan tersebut sagu memang bermanfaat sebagai kandungan utama karbohidrat yang tak kalah dengan karbohidrat dari nasi. Konon, papeda juga bermanfaat sebagai prebiotik, juga dapat menjaga mikroflora usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko terjadinya kanker usus, mengurangi risiko terjadinya kanker paru-paru, mengurangi risiko kegemukan atau obesitas serta memperlancar buang air besar. Luar biasa bukan?

Salah satu yang unik dari papeda ini adalah cara mengambil papeda dari tempatnya untuk ditaruh di piring. Karena bentuknya yang lengket. Tidak mungkin papeda ini dipindahkan menggunakan Sendok. Jadi cara memindahkannya adalah dengan menggunakan dua buah sumpit. Sumpit tersebut dicelupkan untuk kemudian diputar-putar agar papeda tergulung. Lalu ditarik untuk kemudian dipindahkan ke piring. Baru setelah itu papeda siapa disantap dengan makanan pelengkap lainya.

Selain itu yang unik lain dari Pepeda ini adalah cara menyantapnya, Bukan,karena tak biasa di santap dengan menggunakan sendok. Cara menyantap papeda adalah dengan cara menyedotnya dari pinggiran piring. Cara inilah yang membuat sensasi memakan papeda berbeda dengan makanan lain.

Dibanyak wilayah pesisir dataran timur Indonesia seperti Papua dan wilayah lainya nama Papeda begitu dikenal. Bahkan dijadikan makanan pokok. Jadi jangan salah jika papeda memang makananan paling membuat kangen diseantero Indonesia timur.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY