Nikmatnya Nasi Bogana, Makanan Khas Dari Resep Asli Keraton Kacirebonan

705

bm_web_02_menu_nasi+bogana_500x400px

Demosmagz.com – Jika berkunjung ke Cirebon apa yang terlintas di pikiran Sobat Demagz saat ditanya soal kuliner khas kota udang ini? Empal Gentong? Nasi Jamblang atau Tahu Gejrot? Makanan-makanan tadi bisa dibilang sangat lumrah dijumpai di kota wali ini. tapi bagaimana dengan nasi bogana?

Makanan yang satu ini barangkali sedikit dilupakan oleh para pelancong atau mungkin warga Cirebon sendiri, ya sekarang memang bukan hal mudah mencari nasi bogana di Cirebon. tapi, jika sobat demagz mau mencoba nasi bogana ini sekarang bisa datang langsung ke rumah makan yang ada di ke Keraton Kacirebonan

Menurut Kabul salah satu abdi dalam Keraton Kacirebonan, nasi bogana adalah makanan yang biasa dihidangkan di keraton-keraton di Cirebon. nasi bogana berisi nasi dengan taburan kelapa dengan toping tahu, telur serta daging ayam, dan yang istimewa adalah nasi bogana ini diolah dengan rempah-rempah resep rahasia keraton.

“Biasanya nasi bogana itu dibuat pas ada hari-hari besar, kaya lebaran terus idul adha, nah tapi biasanya yang nikmatin itu lebih kalangan keraton, tapi sekarang kita sediakan juga buat masyarakat yang lain” ungkap pria berumur 76 tahun itu.

Harga dari nasi bogana ini beragam sesuai isi, yang paling murah Rp 15.000 dan yang paling mahal hanya sekisar Rp. 25.000 saja. Bagaimana? Tertarik mencoba makanan dengan resep ala keraton ini? (wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR