New Zealand 2017, Peluang Memajukan Indonesia lewat Beasiswa

213


Demosmagz.com – Beasiswa New Zealand 2017 menawarkan kepada siswa Indonesia yang memiliki bakat khusus. Beasiswa yang bernama New Zealand-ASEAN Scholars Awards (NZAS) ini diberikan pemerintah New Zealand untuk wilayah ASEAN.

Selain itu, bagi masyarakat umum, lingkungan akademis, pegawai pemerintahan maupun swasta yang ingin melanjutkan ke jenjang pasca sarjana di universitas-universitas terkenal di New Zealand sayang sekali jika melewatkan kesempatan ini.

Masyarakat Indonesia memiliki peluang untuk memperoleh sebanyak 50 beasiswa. Bagi yang berumur dibawah 39 tahun akan didahulukan dalam proses seleksinya, begitu pula Indonesia menjadi salah satu wilayah asal pengaju yang menjadi prioritas pada beasiswa New Zealand 2017 ini.

Pendaftaran dibuka bulan Februari dan ditutup bulan April setahun sebelum mulai tahun ajaran akademiknya. Formulir dan persyaratan lainnya dikirim kepada perwakilan dari NZAS di Indonesia. Sekitar Agustus/September dilakukan tahap penyeleksian berupa tes IELTS dan wawancara. Kemudian pada Oktober/November kandidat terpilih diumumkan. Pada Januari tahun depan atau dimulainya tahun akademik, dilakukan briefing pra keberangkatan dan pelatihan bahasa Inggris. Lalu pemberangkatan pada Februari untuk mengikuti studi di semester 1 atau Juni apabila program kuliah dimulai di semester 2.

Selain dituntutnya nilai akademik yang kompetitif dan kemampuan berbahasa inggris sebagai syarat, calon penerima merupakan warga asli Indonesia dan negara lainnya negara ASEAN atau bukan penduduk tetap New Zealand. Calon penerima juga mempunyai komitmen untuk kembali ke Indonesia minimal 2 tahun setelah berakhirnya masa beasiswa.

Adapun tujuan dari pemerintah New Zealand adalah untuk memajukan negara asal pengaju beasiswa, khususnya indonesia. Jurusan yang dipilih sangat beragam, namun umumnya bidang yang disediakan adalah ilmu yang akan bermanfaat bagi masyarakat luas. Calon penerima harus menunjukkan bagaimana kontribusi untuk pembangunan Indonesia sesuai jurusan yang dipilihnya. Jurusan yang bersangutan tersedia di universitas-universitas di New Zealand diantaranya University of Auckland, University of Waikato dan University of Otago.

Fasilitas bagi penerima beasiswa berupa biaya kuliah penuh termasuk biaya penelitian, biaya pelatihan bahasa Inggris sebelum berangkat, biaya hidup selama studi, biaya asuransi kesehatan dan perjalanan, biaya pulang pergi dari Indonesia dan New Zealand serta lainnya.
Adapun Informasi mengenai beasiswa New Zealand 2017 dapat dilihat di masing-masing website universitasnya. Serta infomasi lengkapnya dapat dilihat di situs resmi www.idp.com .

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY